//

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERAWATAN KAKIRNPADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK RNENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI MAWAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 25 Juni 2015 xv + VI Bab + 66 halaman + 16 tabel + 1 gambar + 1 skema + 20 lampiran SRI MAWAR 1107101020017 HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERAWATAN KAKI PADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 ABSTRAK Perawatan kaki pada pasien ulkus diabetik merupakan suatu tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya amputasi tungkai non traumatik. Perawatan kaki yang baik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep diri. Berdasarkan hasil wawancara dengan pasien ketika melakukan pengumpulan data, pasien mengatakan mereka merasa terganggu dengan adanya ulkus diabetik dan merasa bosan melakukan perawatan kaki secara rutin di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perawatan kaki pada pasien ulkus diabetik di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2015. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif melalui pendekatan cross sectional study dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling terhadap 48 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari dua bagian, yaitu kuesioner konsep diri dan kuesioner perawatan kaki. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terpimpin dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian terdapat hubungan antara konsep diri (p-value =0,002) dengan perawatan kaki pada pasien ulkus diabetik di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2015. Berdasarkan sub variabel dari konsep diri didapatkan hasil terdapat hubungan antara citra tubuh (p-value = 0,047), ideal diri (p-value = 0,022), harga diri (p-value =0,05), peran (p-value = 0,05), dan identitas (p-value = 0,024) dengan perawatan kaki. Direkomendasikan kepada perawat Poliklinik Endokrin untuk berupaya senantiasa meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kesehatan dan juga memotivasi pasien untuk melakukan perawatan kaki secara rutin, mengontrol kesehatan serta memperhatikan kondisi psikologis. Kata kunci : ulkus diabetik, perawatan kaki, konsep diri. Daftar bacaan : 20 buku + 13 artikel jurnal + 5 web (1999-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SPIRITUALITAS DENGAN HARGA DIRI PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (cut nurul linda, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PERAWATANRNKAKI PADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIKRNENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2014 (Darmanila, 2014)

HUBUNGAN PERASAAN KETIDAKBERDAYAAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Febriyani, 2017)

PERBANDINGAN REAKSI EMOSIONAL PASIEN ULKUS DIABETIK BERDASARKAN LAMANYA INFEKSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (sumiati, 2016)

HUBUNGAN PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN DENGAN ADAPTASI PSIKOSOSIAL PADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Najhin Nura, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy