//

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN SIKAP ASERTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN RNKONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU RNPENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL HIKMAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 26 Juni 2015 xiv halaman + VI bab + 56 halaman+ 9 tabel + 1 skema + 16 lampiran NURUL HIKMAH 1107101020030 HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN SIKAP ASERTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ABSTRAK Mahasiswa Bimbingan Konseling (BK) merupakan calon pendidik di sekolah yang memberikan konseling kepada siswa-siswa dan masih menghadapi tantangan dalam pelaksanaan tugas profesinya. Setiap mahasiswa memiliki tipe kepribadian yang berbeda sehingga sikap yang ditampakkan juga berbeda seperti sikap asertif dalam penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan tipe kepribadian dengan sikap asertif pada mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BK-FKIP) Universitas Syiah Kuala. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 18 Mei sampai 25 Mei 2015 di sekolah tempat mahasiswa melakukan Program Praktik Lapangan (PPL) dan di FKIP. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa BK FKIP angkatan 2011 yang sedang dan telah menjalankan PPL dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner baku yang diadaptasi dari Test your EQ dan Rathus Assertifveness Scale dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran angket. Metode analisis yang dilakukan dengan menggunakan chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas responden memiliki tipe kepribadian ekstrovert (55,6%). Sedangkan hasil penelitian untuk sikap asertif diketahui rata-rata berada pada kategori asertif (55,6%) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara tipe kepribadian dengan sikap asertif pada mahasiswa BK (ρ = 0,012 < α = 0,05). Saran bagi tempat penelitian untuk mengadakan tes kepribadian dan sikap asertif sehingga mahasiswa lebih mengenal kepribadiannya dan dapat meningkatkan sikap asertif dalam dunia perkuliahan dan bidang profesi nantinya. Kata Kunci : tipe kepribadian, sikap asertif, mahasiswa BK Daftar Bacaan : 18 buku + 5 skripsi + 13 jurnal + 8 website (2003-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS SYIAH KUALA (FADHLINA, 2020)

HUBUNGAN MOTIF AFILIASI DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA (PENELITIAN DILAKUKAN DI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH) (Zulhamdi, 2018)

HUBUNGAN NILAI MICRO TEACHING DAN NILAI MAGANG KEPENDIDIKAN III DENGAN KOMPETENSI MENJADI GURU GEOGRAFI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (HARI HIKMAWAN, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG BAHAYA ASAP ROKOK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nona Rajna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy