//

HUBUNGAN DUKUNGAN PASANGAN DENGAN KEPATUHAN RNMENJALANI KEMOTERAPI PADA PASIEN KANKER RNDI RUANG MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nila Agustina - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 29 Juni 2015 xiv + vi bab + 100 halaman + 12 tabel + 1 skema + 19 lampiran NILA AGUSTINA NIM. 1107101020066 HUBUNGAN DUKUNGAN PASANGAN DENGAN KEPATUHAN MENJALANI KEMOTERAPI PADA PASIEN KANKER DI RUANG MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Prevalensi penyakit kanker mengalami peningkatan setiap tahun. Kemoterapi adalah salah satu terapi modalitas untuk pengobatan kanker, kepatuhan menjalani kemoterapi sangat penting sehingga diperlukan dukungan dari pasangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan pasangan dengan kepatuhan menjalani kemoterapi pada pasien kanker di Ruang Mamplam III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif, dengan desain penelitian cross sectional study. Metode pengambilan sampel non-probability sampling, dengan teknik pengambilan sampel consecutive sampling pada 60 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari dua bagian, yaitu kuesioner dukungan pasangan dan kuesioner kepatuhan menjalani kemoterapi pada pasien kanker yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan konsep dan teori yang ada, serta telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil valid dan reliabel (0,979 dan 0,951). Analisa data terdiri dari univariat dan bivariat yang menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan dukungan sosial dengan kepatuhan, ada hubungan dukungan penilaian dengan kepatuhan, ada hubungan dukungan emosional dengan kepatuhan (p-value = 0,050; 0,033; 0,033) dan tidak ada hubungan dukungan tambahan dengan kepatuhan (p-value =0,067). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan pasangan dengan kepatuhan menjalani kemoterapi pada pasien kanker di Ruang Mamplam III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Peneliti mengharapkan perawat terus meningkatkan kinerja dan memotivasi pasien dengan melibatkan orang terdekat pasien agar pasien patuh melakukan kemoterapi. Kata kunci : kanker, kemoterapi, kepatuhan, dukungan pasangan. Daftar bacaan : 21 buku + 14 jurnal + 3 skripsi + 1 artikel + 2 sumber online (2001-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK SPIRITUALITAS PASIEN KANKER DENGAN TINDAKAN KEMOTERAPI DI RUANG RAWAT INAP MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (juwita, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (mutia primadara, 2014)

HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPATUHAN PASIEN DALAM MENJALANI KEMOTERAPI DI RUANG MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (Sri Ramadhani, 2014)

MOTIVASI PASIEN KANKER PAYUDARA DALAM MELAKUKAN KEMOTERAPI DI RUANG MAMPLAM III BLUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Yulinar, 2014)

ADAPTASI PSIKOSOSIAL PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUANG RAWAT MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Cut Devi Ovianita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy