//

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS ARTERI KORONARIA JANTUNGRNTIKUS PUTIH JANTAN HIPERKOLESTEROLEMIA SETELAH RNDIBERIKAN EKSTRAK ETANOL SARANG SEMUT RN(MYRMECODIA SP.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Helfi Kamaleni - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran histopatologis arteri koronaria jantung tikus putih (Rattus norvegicus) jantan hiperkolesterolemia setelah diberikan ekstrak etanol sarang semut (Myrmecodia sp.). Dalam penelitian ini dipergunakan 20 ekor tikus putih jantan yang berumur ± 3 bulan dengan berat badan berkisar 150-200 gram yang dibagi secara acak ke dalam empat kelompok (K1, K2, K3, K4) masing-masing 5 ekor. Selama perlakuan (21 hari) semua kelompok diberikan pakan standar dan untuk kelompok K2, K3, K4 ditambah pemberian pakan hiperkolesterol yang diberikan pada hari ke 8 sampai hari ke 21, sedangkan terapi ekstrak etanol sarang semut hanya diberikan untuk kelompok K3 dan K4 pada hari ke 15 sampai hari ke 21 dengan dosis masing-masing 100 dan 200 mg/kg BB. Setelah 3 minggu perlakuan, tikus dieutanasi dengan larutan eter dan dinekropsi untuk diambil jantung guna pemeriksaan histopatologis. Hasil pengamatan histopatologis memperlihatkan bahwa pada kelompok K1 terlihat arteri koronaria jantung tikus putih jantan dalam keadaan normal, kelompok K2 terjadi perlemakan (infiltrasi dan degenerasi) yang merusak struktur dinding pembuluh darah dan inflamasi. Kelompok K3 dan K4 terlihat penurunan perlemakan dan terjadi perbaikan struktur dinding pembuluh darah yang jelas terlihat perbaikan semakin sempurna pada kelompok K4. Kesimpulan yang dapat diambil antara lain adalah pemberian ekstrak etanol sarang semut dapat memperbaiki kerusakan dinding arteri koronaria akibat hiperkolesterolemia, dan dosis 200 mg/kg BB memiliki efektivitas yang lebih baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS ARTERI KORONARIA JANTUNGRNTIKUS PUTIH JANTAN HIPERKOLESTEROLEMIA SETELAH RNDIBERIKAN EKSTRAK ETANOL SARANG SEMUT RN(MYRMECODIA SP.) (Helfi Kamaleni, 2015)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL SARANG SEMUT (MYRMECODIA SP.) LOKAL TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTALRNTIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTANRNHIPERKOLESTEROLEMIA (sastika rani, 2014)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL SARANG SEMUT (MYRMECODIA SP.) TERHADAP KADAR TRIGLISERIDA PADA SERUM TIKUS PUTIH JANTAN YANG MENGALAMI HIPERKOLESTEROLEMIA (Daichia Ridvani, 2015)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL SARANG SEMUT (MYRMECODIA SP.) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI GINJAL MENCIT (MUS MUSCULUS) JANTAN YANG HIPERURISEMIA (Hiqmah Laila,SKH, 2014)

POTENSI EKSTRAK ETANOL SARANG SEMUT (MYRMECODIA. SP) TERHADAP AKTIVITAS ENZIM LIPOPROTEIN LIPASE (LPL) SERUM TIKUS PUTIH JANTAN HIPERKOLESTEROLEMIA (Jumaidar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy