BOBOT DAN GAMBARAN HISTOPATOLOGIS BURSA FABRICIUS BROILER YANG DIINFEKSI ESCHERICHIA COLI DAN DIBERIKAN EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

BOBOT DAN GAMBARAN HISTOPATOLOGIS BURSA FABRICIUS BROILER YANG DIINFEKSI ESCHERICHIA COLI DAN DIBERIKAN EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM)


Pengarang

Rino Bahri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1102101010051

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan mengetahui efek dari pemberian ekstrak daun kemangi (Ocimum basilicum) terhadap bobot dan gambaran histopatologi pada bursa Fabricius yang diinfeksikan Escherichia coli (E. coli). Penelitian ini menggunakan 15 ekor ayam broiler yang dipelihara selama 34 hari. Ayam dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan dan 3 kali ulangan. Kelompok kontrol negatif (A0) diberikan ransum standar, kelompok kontrol positif (A1), (A2), (A3) dan (A4) diberikan ransum standar dan diinfeksikan E. coli, kemudian ditambah ekstrak daun kemangi dengan kosentrasi 2,5%, 3,5% dan 4,5% untuk kelompok A2, A3 dan A4. Penginfeksian E. coli dilakukan secara intraperitoneum sebanyak 0,75 x 108 CFU ml-1 pada hari ke-15. Pemberian ekstrak daun kemangi diberikan sekali sehari mulai hari ke 7 sampai hari ke 34. Parameter yang diamati yaitu bobot dan gambaran histopatologi bursa Fabricius yang meliputi korteks, medula dan septa interlobularis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi tidak berpengaruh secara nyata (P>0,05) terhadap bobot bursa Fabricius. Gambaran secara histopatologi memberikan perubahan pada medula, korteks dan septa interlobularis, dimana kelompok A3 dan A4 memperlihatkan medula dan septa interlobularis mendekati kelompok normal (A0). Berdasarkan bobot dan gambaran histopatologi bursa Fabricius, kelompok A4 cenderung lebih baik dalam menghasilkan antibodi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun kemangi menurunkan bobot bursa Fabricius dan pengecilan folikel limfoid yang ditandai dengan penurunan jumlah limfosit pada bursa Fabricius akibat diinfeksi E. coli.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK