//

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN KELUARGA (PILOT STUDY PADA KELUARGA DENGAN HIPERTENSI DI KEMUKIMAN BLUEK GRONG-GRONG KECAMATAN INDRAJAYARNKABUPATEN PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ainal Mardhiah - Personal Name
SubjectHYPERTENSION - MEDICINE
HEALTH PROMOTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hipertensi telah menjadi salah satu masalah utama kesehatan masyarakat saat ini, prevalensi di Indonesia mencapai 31,7% pada tahun 2007 dan menjadi 25,8% pada tahun 2013, namun angka ini masih dalam kategori tinggi. Bila tidak ditangani dengan baik sedini mungkin bisa menjadi the silent killer. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendekatan nonfarmakologis termasuk penurunan berat badan, pembatasan alkohol, natrium dan tembakau, latihan dan relaksasi merupakan intervensi wajib pada penanganan hipertensi. Disamping tenaga medis, anggota keluarga juga memegang peranan penting, namun pengaruh intervensi pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan keluarga dengan hipertensi masih kurang evidence terutama di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan keluarga dengan hipertensi di Kemukiman Bluek Grong-Grong Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie. Intervensi Pendidikan kesehatan tentang hipertensi dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi menggunakan media power point dan booklets. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre experimental berupa the one group pretest-posttest design terhadap 37 responden yang diperoleh secara simple random sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji statistik parametrik Paired T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan (p = 0,0001), sikap (p = 0,0001) dan keterampilan (p = 0,0001). Pendidikan kesehatan merupakan prioritas utama dan merupakan salah satu intervensi keperawatan yang efektif untuk meningkatkan tingkat kesadaran keluarga akan pentingnya pemahaman yang benar mengenai hipertensi. Diharapkan pendidikan kesehatan tentang hipertensi dapat dijadikan salah satu tindakan keperawatan pada keluarga yang sedang merawat anggota keluarganya di komunitas. Kata Kunci : pendidikan kesehatan, hipertensi, pengetahuan, sikap, keterampilan, keluarga Daftar Pustaka: 51 (2000 – 2015)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

0907101060024 HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN MERAWAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA HIPERTENSI DI GAMPONG JEULINGKE KOTA BANDA ACEH 2013 (Waafini cibro, 2013)

ANALISIS POISSON RATIO UNTUK MENENTUKAN LITOLOGI BAWAH PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE REFRAKSI DAN MASW DI KECAMATAN ULIM, PIDIE JAYA (Alif Fachreza Deyan, 2018)

KEMAMPUAN CAREGIVER MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN HIPERTENSI DI GAMPONG CEURIH KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (Novia Rahmi, 2015)

PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP RNTUGAS KESEHATAN KELUARGA MENGENAL DIET HIPERTENSI RNPADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG MANGAT RNKOTA LHOKSEUMAWE (SRI ANDALA, 2015)

SISTEM PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN PEDAGANG PENGECER CABAI RAWIT DI KOTA BANDA ACEH (Andika Ujung, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy