//

PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP RNPEMBIAYAAN OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN JALAN RNDENGAN CONTINGENT VALUATION METHODRN(STUDI KASUS : JL. TENGKU HASAN DESA BAKOY KAB. ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALDINA FATIMAH - Personal Name
SubjectROAD REPAIR MAINTENANCE
COSTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBIAYAAN OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN JALAN DENGAN CONTINGENT VALUATION METHOD (Studi Kasus : Jl. Tengku Hasan Desa Bakoy Kab. Aceh Besar) Oleh Aldina Fatimah NIM. 1309200060008 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. M. Isya, M.T. 2. Dr. Hafnidar AR, S.T., M.T. ABSTRAK Komponen investasi prasarana secara umum dibagi menjadi dua bagian besar yaitu berbiaya kembali dan berbiaya tak kembali.Investasi prasarana berbiaya kembali merupakan prasarana yang dapat mengembalikan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk penyediaan prasarana tersebut secara langsung. Sedangkan prasarana berbiaya tak kembali merupakan prasarana yang tidak mampu mengembalikan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk penyediaannya secara langsung.Peneliti melakukan penelitian mengenai partisipasi masyarakat terhadap pembiayaan operasional dan pemeliharaanpada Jalan Tengku Hasan Desa Bakoyyang merupakan jalan lokal di Kabupaten Aceh Besar dengan kondisi jalan yang rusak namun kendaraan yang melalui jalan ini cukup padat . Jl. Tengku Hasan menghubungkan daerah Lambaro dan Blang Bintang dengan Limpok dan Ulee Kareng. Jalan ini memiliki dimensi jalan dengan panjang ± 3,3 km dan lebar ± 5 m.Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner dengan jumlah responden 140 orang yang merupakan masyarakat Desa Bakoy dan karyawan PDAM Tirta Mountala. Penentuan kemauan masyarakat (pengguna jalan) untuk membayar (Willingness To Pay, WTP) biaya operasi dan pemeliharaan jalan dengan menggunakan pendekatan Contingent Valuation Method(CVM). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kombinasi (mixed methods), dimana data kualitatif didukung dengan pengolahan data kuantitatif. Analisis statistik yang digunakan adalah análisis deskriptif danuji kolmogorov-smirnov.Dari hasil análisis deskriptif diperoleh mean tertinggi pada variabel pengaruh kualitas jalan terhadap kendaraan. Responden menyatakan bahwa kualitas jalan ini berpengaruh terhadap kondisi kendaraan dengan nilai meansebesar 4,10 atau 8,8% sedangkan meanterendah pada variabel nilai uang perbulan. Responden menyatakan bahwa yang ingin dibayarkan perbulan Rp. 1.000-Rp. 2.000 dengan nilai mean sebesar 1,31atau 2,8%, dan hasil uji kolmogorov-smirnov didapat nilai p = 0,958. Besarnya nilai rata-rata kesediaan membayar masyarakat adalah Rp. 1.800 perbulan. Kata Kunci : biaya jalan, contingent valuation method, willingness to pay

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KERUSAKAN JALAN TENGKU HASAN DIBAKOI RNSEBAGAI PENENTUAN PENANGANANRNPERBAIKAN JALAN (Ari Safutra, 2015)

ANALISIS SISTEM PEMELIHARAAN JALAN KABUPATEN BENER MERIAH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (JINGER IRANTONI, 2021)

PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEKERJAAN PEMELIHARAAN RUTIN JALAN NASIONAL SECARA SWAKELOLA (STUDI KASUS: RUAS JALAN BLANGKEJEREN – LAWEAUNAN) (MUHAMMAD IQBAL, 2018)

EVALUASI KERUSAKAN JALAN UNTUK MENENTUKAN JENIS RNPENANGANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCIRNSTUDI KASUS JALAN TENGKU HASAN DIBAKOI RNKABUPATEN ACEH BESAR (Alfian Is, 2015)

PERHITUNG LN PREVENTIV E MAINTENANCE UNIT BOILER PADA PT. KENCANA HIJAU BINA LESTARI (KIIBL) (RADLI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy