//

ANALISA WAKTU DAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN RNMETODE TIME COST TRADE OFF RN(STUDI KASUS: PROYEK LANJUTAN PEMBANGUNAN GEDUNG DPRK RNACEH TIMUR TAHAP I)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAZIL - Personal Name
SubjectESTIMATES - BUILDING CONSTRUCTION
TIME AND COSTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ANALISA WAKTU DAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF (Studi Kasus: Proyek Lanjutan Pembangunan Gedung DPRK Aceh Timur Tahap I) Oleh : Fazil NIM. 1309200060013 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. MochammadAfifuddin, M.Eng 2. Dr. Hafnidar A. Rani, ST, MM ABSTRAK Proyek Lanjutan Pembangunan Gedung DPRK Aceh Timur Tahap I, dilaksanakan oleh PT. Ganis Mandiri. Proyek ini terjadi keterlambatan mulai kerja selama 8 hari kalender, hal ini dikarenakan terlambatnya pengadaan tiang pancang, sehingga tertundanya kegiatan yang lainnya. Salah satu cara untuk mengantisipasinya dengan melakukan percepatan yaitu metode Time Cost Trade Off (TCTO), melalui alternatif penambahan jam kerja yang diuji coba mulai dari 1 jam sampai 4 jam batas maksimum. Tesis ini bertujuan untuk menganalisa waktu tercepat dan biaya yang dibutuhkan dari penerapan TCTO dalam menyelesaikan proyek Lanjutan Pembangunan Gedung DPRK Aceh Timur Tahap I. Dalam mewujudkan gambaran atas percepatan tersebut, maka berawal dari pembuatan jaringan kerja Critical Path Methode (CPM) untuk mengetahui keberadaan lintasan kritis, selanjutnya dilakukan penerapan metode TCTO untuk mencari nilai cost slope dari masing-masing kegiatan kritis tersebut. Agar terealisasinya percepatan tersebut, maka selanjutnya dilakukan pengkompresian pada item pekerjaan kritis yang dimulai dari nilai cost slope terendah. Hasil penelitian ini mempunyai dua alternatif, alternatifI diperoleh untuk lembur satu kegiatan mulai dari 1 jam sampai 4 jam, tahap optimumwaktu dan biaya didapat pada alternatif lembur 2 jam pada pekerjaaan aanstamping, dengan diperoleh waktu optimum selama 167 hari dari waktu normal selama 168 hari. Sedangkan untuk biaya optimum didapatkan sebesar Rp. 14.927.846.000,00 dari total biaya normal sebesar Rp. 14.927.104.000,00 atau adanya penambahan biaya sebesar Rp. 742.000,00. Alternatif II dari hasil penelitian ini diperoleh untuk lembur beberapa kegiatan mulai dari 1 jam sampai 4 jam, tahap optimum waktu dan biaya didapat pada lembur 2 jam pada pekerjaan aanstamping, pasangan pondasi batu kali 1: 4, cetakan beton, membongkar cetakan, cetakan beton, cetakan beton, cetakan beton, dan cetakan beton, dengan diperoleh waktu optimum selama 160 hari dengan biaya optimum diperoleh sebesar Rp. 14.961.360.000,00 dan adanya penambahan biaya sebesar Rp. 34.256.000,00. Kata Kunci : Penjadwalan, Pembiayaan, Crashing, Time Cost Trade Off

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN BIAYA MATERIAL PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BPJN (BALAI PELAKSANA JALAN NASIONAL) TAHAP III (Muhammad Ricci Akbar, 2019)

MODEL TIME-COST TRADE-OFF PADA PEKERJAAN TANGGA BETON BANGUNAN GEDUNG DI BANDA ACEH (T. Muhammad Fachrul Rozie, 2019)

MODEL TIME-COST TRADE-OFF PADA PEKERJAAN PENGECATAN DINDING DAN JENDELA DI PIDIE JAYA (Firza Nuzula, 2019)

IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN RISIKO BIAYA PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (YOSI ARMIDA, 2020)

MODEL TIME-COST TRADE-OFF PADA PEKERJAAN KOLOM DI KOTA LHOKSEUMAWE (Muchsin, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy