//

KAJIAN DISTRIBUSI LOGAM BERAT MANGAN (MN) DAN BESI (FE) PADA TANAH YANG PERNAH DILANDA TSUNAMI SETELAH 10 TAHUN DI ACEH MENGGUNAKAN DATA EMISI SPEKTRAL TEKNIK SPEKTROSKOPI PLASMA LASER LIBS (LASER INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirza saputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian dengan aplikasi teknik LIBS untuk mengkaji distribusi logam berat Mn dan Fe pada tanah yang pernah dilanda tsunami dan tanah tidak terkena tsunami di pantai Barat Aceh (Aceh Barat) dan Pantai Utara Aceh (Aceh Besar) setelah 10 tahun tsunami di Aceh. Untuk logam berat Fe diukur pada panjang gelombang Fe II 238,20 nm dan logam berat Mn diukur pada panjang gelombang Mn II 356,94 nm. Intensitas emisi LIBS untuk Fe (Fe II 238,20 nm) pada 3 stasiun pengambilan sampel di Aceh Besar secara tegak lurus garis pantai adalah 11741; 10536; 12329 dan intensitas emisi LIBS Mn (Mn II 356,94 nm) pada 3 stasiun pengambilan sampel di Aceh Barat (Pantai Barat) secara tegak lurus garis pantai adalah 3352; 2550; 10339. Intensitas emisi LIBS untuk Fe (Fe II 238,29 nm) pada 3 stasiun pengambilan sampel di Aceh Besar (Pantai Utara) secara tegak lurus garis pantai adalah 5106; 4235; 1841 dan intensitas emisi LIBS Mn (Mn II 356,94 nm) pada 3 stasiun pengambilan sampel di Aceh Barat secara tegak lurus garis pantai adalah 0; 1184; 2161. Sementara pada sampel tanah tidak terkena tsunami Intensitas emisi LIBS logam berat Fe dan Mn adalah 3809 dan 457. Intensitas logam berat Mn dan Fe di pantai barat masih tinggi di bandingkan dengan Intensitas emisi di Pantai Utara Aceh. Kandungan logam berat Fe dan Mn pada tanah yang pernah dilanda tsunami masih tinggi dibandingkan dengan tanah tidak terkena tsunami di Aceh. Kandungan logam berat Mn dan Fe di dalam tanah dipengaruhi oleh ukuran butir sedimen, dimana semakin jauh dengan garis pantai ukuran sedimen semakin halus dan mengakibatkan logam berat Mn dan Fe dapat terkontaminasi pada tanah yang pernah dilanda tsunami. Bentuk daratan sangat mempengaruhi deposit tinggi rendahnya sedimen yang terendap di pantai Barat dan Utara Aceh. Kata Kunci : Metode LIBS, Tanah yang pernah dilanda tsunami, Logam berat Fe dan Mn, Pantai Barat dan Pantai Utara Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI LOGAM BESI (FE) DALAM TANAH TSUNAMI DI ACEH MENGGUNAKAN LASER-INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY (LIBS) (Najma, 2015)

DETEKSI LOGAM BERAT (CR, ZN DAN PB) DALAM TANAH TERDAMPAK TSUNAMI DI ACEH SETELAH 10 TAHUN TSUNAMI MENGGUNAKAN TEKNIK LIBS (arlin maya sari, 2015)

DETEKSI LOGAM BERAT DALAM DAGING KERANG SUNGAI MENGGUNAKAN TEKNIK LASER-INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY (LIBS) SEBAGAI PREKURSOR PENCEMARAN LINGKUNGAN (Nur Akmalia, 2021)

STUDI DAN IDENTIFIKASI KANDUNGAN KIMIA DALAM TANAH DAMPAK TSUNAMI MENGGUNAKAN LASER INDUCED BREAKDWON SPECTROSCOPY (LIBS) (Rara Mitaphonna, 2021)

DETEKSI LOGAM BERAT PADA CANGKANG KERANG SUNGAI DI KECAMATAN PANGA ACEH JAYA MENGGUNAKAN METODE LASER INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY (LIBS) (irwansyah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy