APLIKASI WEBGIS SARANA DAN PRASARANA KOTA SABANG BERBASIS GOOGLE MAPS API MENGGUNAKAN DATABASE POSTGRESQL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

APLIKASI WEBGIS SARANA DAN PRASARANA KOTA SABANG BERBASIS GOOGLE MAPS API MENGGUNAKAN DATABASE POSTGRESQL


Pengarang

Miftahul Riska - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1108107010042

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Informatika (S1) / PDDIKTI : 55201

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

006.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sabang merupakan salah satu kota di provinsi Aceh yang telah memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG). Walaupun demikian informasi geospasial di kota ini baru dapat diakses oleh instansi tertentu saja. Perlunya perangkat lunak dan pengetahuan SIG menjadi salah satu hambatan dalam penyebarluasan info geospasial tersebut. Oleh karena itu dalam tugas akhir ini dibuat suatu aplikasi Sistem Informasi Geografis berbasis website yang memungkinkan masyarakat umum untuk memperoleh informasi geospasial sarana dan prasarana kota Sabang. Sistem ini dirancang dengan menggunakan layanan map service Google Maps API dan database yang digunakan adalah PostgreSQL. Untuk menguji kelayakan (usability) sistem informasi berbasis web yang dibangun pada penelitian ini dilakukan pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan membagikan kuisioner ke 30 responden dari latar belakang yang berbeda. Hasil pengujian kegunaan aplikasi webGIS sarana dan prasarana kota Sabang mendapatkan skor 79.6% yang artinya aplikasi webGIS bernilai cukup baik dan layak untuk digunakan.

Kata kunci: webGIS, Google Maps API, map service, postgreSQL, System Usability Scale (SUS), Sarana dan Prasarana.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK