PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI KUTA PASIE KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI KUTA PASIE KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

MIRA FITRIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104090128

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sering terjadi guru memperkenalkan materi pecahan dengan langsung menyebutkan istilah dan lambang pecahan untuk dihafalkan pada siswa, akibatnya siswa tidak dapat membayangkan secara nyata bagaimana sebenarnya bentuk pecahan tersebut. Akhirnya timbul kesan bahwa matematika itu hanya berupa simbol dan tidak menyenangkan. Padahal setiap ilmu yang dipelajari di sekolah adalah untuk dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang dialami siswa ini menunjukkan bahwa siswa belum mempunyai pengetahuan konseptual. Karena itu diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang ikut memanfaatkan kehidupan lingkungan siswa sehari-hari. Pembelajaran matematika realistik diawali dengan dunia nyata agar dapat memudahkan siswa dalam belajar matematika. Kemudian siswa, dengan bantuan guru, diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri konsep-konsep matematika. Setelah itu diaplikasikan dalam masalah sehari-hari atau dalam bidang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran pecahan di kelas III sekolah dasar. Subjek adalah siswa kelas III SD Negeri Kuta Pasie Kab. Aceh Besar sebanyak 20 orang. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar. Data diolah menggunakan persentase statistik deskriptif sesuai kriteria yang telah ditetapkan yang hasilnya adalah persentase ketuntasan belajar klasikal kelas yang menunjukkan ketuntasan sebesar 100 %, artinya dari 20 siswa semuanya tuntas belajar dengan persentase aktivitas siswa sesuai dengan syarat ideal belajar yang efektif. Hal ini berarti siswa mencapai ketuntasan belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pecahan di kelas III SD Negeri Kuta Pasie Kab. Aceh Besar. Maka disarankan pada pihak lain untuk melakukan penelitian yang sama pada materi yang berbeda sebagai bahan perbandingan dari hasil penelitian pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK