Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI KUTA PASIE KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
MIRA FITRIANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006104090128
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Sering terjadi guru memperkenalkan materi pecahan dengan langsung menyebutkan istilah dan lambang pecahan untuk dihafalkan pada siswa, akibatnya siswa tidak dapat membayangkan secara nyata bagaimana sebenarnya bentuk pecahan tersebut. Akhirnya timbul kesan bahwa matematika itu hanya berupa simbol dan tidak menyenangkan. Padahal setiap ilmu yang dipelajari di sekolah adalah untuk dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang dialami siswa ini menunjukkan bahwa siswa belum mempunyai pengetahuan konseptual. Karena itu diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang ikut memanfaatkan kehidupan lingkungan siswa sehari-hari. Pembelajaran matematika realistik diawali dengan dunia nyata agar dapat memudahkan siswa dalam belajar matematika. Kemudian siswa, dengan bantuan guru, diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri konsep-konsep matematika. Setelah itu diaplikasikan dalam masalah sehari-hari atau dalam bidang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran pecahan di kelas III sekolah dasar. Subjek adalah siswa kelas III SD Negeri Kuta Pasie Kab. Aceh Besar sebanyak 20 orang. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar. Data diolah menggunakan persentase statistik deskriptif sesuai kriteria yang telah ditetapkan yang hasilnya adalah persentase ketuntasan belajar klasikal kelas yang menunjukkan ketuntasan sebesar 100 %, artinya dari 20 siswa semuanya tuntas belajar dengan persentase aktivitas siswa sesuai dengan syarat ideal belajar yang efektif. Hal ini berarti siswa mencapai ketuntasan belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pecahan di kelas III SD Negeri Kuta Pasie Kab. Aceh Besar. Maka disarankan pada pihak lain untuk melakukan penelitian yang sama pada materi yang berbeda sebagai bahan perbandingan dari hasil penelitian pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (T MUHAMMAD MIRSHADIL ULYA, 2022)
PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (LILIS RAHMAYANTI, 2022)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (LISA RAMADHANI, 2019)
KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENGGAMBAR BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD KOTA BANDA ACEH (Nina Helmira, 2015)