//

PEMANFAATAN AMPAS BUBUK TEH SEBAGAI BIOADSORBEN LOGAM BERAT PERAK (AG+)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dini Andayani - Personal Name
SubjectADSORPTION - CHEMICAL ENGINEERING
SILVER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Ampas Bubuk Teh (ABT) merupakan limbah organik yang dapat dengan mudah dijumpai. Kemampuan ABT ini sebagai bahan penyerap melatarbelakangi penelitian penyerapan logam berat yang banyak ditemui dilingkungan rumah sakit sebagai badan penyedia jasa kesehatan bagi masyarakat. Metode pengadukan dengan mengontakkan ABT dengan larutan limbah dilakukan pada penelitian ini. Analisa dengan menggunakan spektrofotometer serapan atom (AAS), FTIR dan instrumentasi penguji luas permukaan dan karakterisasi morfologi adsorben (SEM) digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan penyerapan ABT yang telah diberikan penambahan modifying agent berupa larutan asam dan basa. Pengaruh dari berbagai variabel proses seperti konsentrasi mula-mula larutan limbah, waktu kontak dan jenis modifying agent telah diteliti. Penyerapan ion logam oleh ABT mengikuti pola isoterm Langmuir dengan efisiensi penyerapan dapat mencapai 60,53%, penambahan ukuran pori hingga 22,185 µm (221,850Å) dan adanya ikatan O-H yang berada pada 3640 – 3610 cm-1 dengan menggunakan modifying agent basa. Kinetika adsorpsi mengikuti kinetika orde-dua dengan dengan k untuk masing-masing konsentrasi adsorbat 0,1195; 0,0382; 0,0296 dan 0,0539 g/(mg.menit).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN KOMPOS LIMBAH KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAYAK (ELEUTHERINE PALMIFOLIA MERR) (Elwanda Farisz Ammar, 2020)

PENGARUH PROPORSI AMPAS BUBUK KOPI DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU BOKASI (Rizal Fahmi, 2016)

STRATEGI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENGURANGI STEREOTIPE NEGATIF TERHADAP SUKU BATAK DI RUSUNAWA KEUDAH, BANDA ACEH (Makhfira Admi, 2014)

DAYA SERAP AMPAS TEBU (SACHARUM OFFICANARUM, LINN) TERHADAP ION LOGAM MERKURI(II) (RIKA MASRINA DEWI, 2019)

STUDI LOGAM BERAT PADA SEDIMEN DASAR DI MUARA PULAU KAYU KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Donni Rianda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy