//

PELAKSANAAN COORPERATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PUPUK ISKANDAR MUDA DAN DAMPAK SOSIAL TERHADAP MASYARAKAT KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ramadhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini didasarkan pada kewajiban kepada seluruh Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) untuk menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah diatur dalam Undang-Undang No. 40 tahun 2007 sebagai bentuk tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan. Salah satu perusahaan BUMN yang menjalankan program CSR di Indonesia adalah PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang terletak di Kabupaten Aceh Utara. Selama pelaksanaan CSR, PT.PIM percaya bahwa program CSR yang telah dilaksanakan cukup membantu masyarakat di sekitar perusahaan. Namun tidak semua perusahaan mampu menjalankan konsep CSR sesuai yang telah diatur oleh pemerintah maupun pihak perusahaan sendiri baik karena kurangnya sumber daya perusahaan yang kompeten maupun program yang belum dijalankan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga dampak sosial yang dihasilkan juga sangat jauh seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pelaksanaan CSR yang telah dilakukan oleh PT. PIM dan mengukur dampak sosial yang telah dihasilkan dari program-program CSR yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi langsung dan studi kepustakaan serta data penelitian ini diperoleh langsung dari 5 orang keyinfoman dan 15 informan. Penelitian ini menggunakan teori pembangunan sosial yang dikemukakan oleh James Midgley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan CSR yang dilakukan oleh PT. PIM belum maksimal dikarenakan oleh masih sangat kurangnya keterlibatan masyarakat dan perangkat daerah terutama dalam tahap perancangan, perencanaan kebijakaan program dan analisis kebutuhan masyarakat.Adapun dampak sosial yang dihasilkan dari adanya program tersebut adalah disatu sisi telah membuka akses kepada masyarakat dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan keagamaan sebagai sarana pengembangan masyarakat namun ternyata berdampak pada munculnya ketergantungan masyarakat terhadap bantuan dari perusahaan. Disarankan agar PT. PIM sebagai pengelola program CSR harus mendorong partisipasi masyarakat sekitar dalam proses perencanaan hingga evaluasi program. Masyarakat sekitar juga harus berperan aktif dalam seluruh proses dalam implementasi program CSR.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF PADA PT. PUPUK ISKANDAR MUDA (Fatma Zuhra, 2016)

PELAKSANAAN COORPERATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PUPUK ISKANDAR MUDA DAN DAMPAK SOSIAL TERHADAP MASYARAKAT KABUPATEN ACEH UTARA (Ramadhan, 2015)

ANALISIS POLITIK LINGKUNGAN DI KABUPATEN ACEH UTARA ( SUATU STUDI TENTANG TANGGUNG JAWAB PT.PUPUK ISKANDAR MUDA TERHADAP KASUS PENCEMARAN 2010 - 2016 DI KECAMATAN DEWANTARA) (ICUT RIZKIA, 2016)

PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) ATAS PENJUALAN PUPUK BERSUBSIDI PADA PT PUPUK ISKANDAR MUDA ACEH – INDONESIA (SARAH FADHILAH, 2018)

PENERAPAN E-FILING PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA PT. PUPUK ISKANDAR MUDA (HABIL IKRAM, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy