//

APLIKASI METODE MAGNETIK UNTUK MENDETEKSI RUNTUHAN BENTENG LUBOK DESA LAMREH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang haris hartsa naufal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aceh pada zaman dahulu merupakan jalur perdagangan Internasional. Oleh karena itu, banyak kerajaan pada zaman dahulu membangun benteng untuk melindungi kerajaan dari musuh dan juga sebagai sarana berdagang. Salah satu benteng tersebut adalah Benteng Lubok. Sekarang, banyak benteng yang terbengkalai dan tidak tampak lagi bentuknya. Padahal jika dilindungi, hal ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis dan juga sebagai saran pendidikan. Oleh karena itu perlu dilakukan kiat untuk mengekspos kembali benteng ini. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode geofisika. Metode geofisika sudah diterapkan dalam bidang arkeologi di dunia dan metode geofisika sudah banyak berkontribusi di bidang arkeologi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode geomagnetik. Metode geomagnetik adalah metode yang memanfaatkan induksi medan magnet bumi untuk mendeteksi benda yang terkubur. Pada penlitian ini dibuat 25 lintasan pengukuran di sekitar benteng untuk mendapatkan medan magnet total di sekitar benteng. Setelah dilakukan proses koreksi dan pemisahan anomali regional, didapatkan anomali residual yang kemudian diinterpretasi. Hasil interpretasi mennujukkan bahwa terdapat sekitar dua puluh anomali yang tersebar di seluruh daerah penelitian. Semua anomali tersebut kemudian diplot posisinya dan dicari hubungan antara setiap anomali sehingga membentuk bangunan benteng.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMETAAN SITUS KUTA LUBOK BERDASARKAN DATA VERY LOW FREQUENCY (VLF) (Muhammad Yanis, 2013)

INTERPRETASI DATA VERY LOW FREQUENCY (VLF) PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK, LAMREH, ACEH BESAR (Nasrul, 2015)

IDENTIFIKASI SEBARAN PASIR BESI BERDASARKAN NILAI SUSEPTIBILITAS MAGNETIK DIKAWASAN PESISIR DESA LAMREH ACEH BESAR (Mulyana, 2014)

PERBANDINGAN ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL BERDASARKAN DARI KERAPATAN STASIUN PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK (Dede Zulhana, 2016)

DELINEASI SITUS KUTA LUBOK BERDASARKAN DATA ELEKTROMAGNETIK (Muhammad Yanis, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy