OPINI MAHASISWA TENTANG ISU REKAM JEJAK POLITIK JOKOWI (STUDI KOMPARATIF AKUN @TRIOMACAN2000 DAN @TM2000BACK) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

OPINI MAHASISWA TENTANG ISU REKAM JEJAK POLITIK JOKOWI (STUDI KOMPARATIF AKUN @TRIOMACAN2000 DAN @TM2000BACK)


Pengarang

Cut Ainul Mardhiah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1010102010090

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

302.23

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Sosial media berkembang sangat cepat seiring perkembangan zaman. Beragam sosial mediapun hadir ditawarkan di tengah-tengah masyarakat, salah satunya adalah twitter. Di dalam twitter terdapat akun @TrioMacan2000 dan @TM2000Back yang kehadirannya banyak mengundang perhatian publik. Akun ini adalah akun yang memberikan informasi mengenai dunia politik di Indonesia yang belum diungkap media konvensional. Informasi atau isu yang disampaikan cenderung mengarah kepada pembongkaran isu mengenai politik nasional. Dari sekian banyak isu yang disampaikan, isu mengenai rekam jejak politik Jokowi adalah yang paling signifikan. Penelitian ini berjudul “Opini Mahasiswa Tentang Isu Rekam Jejak Politik Jokowi (Studi Komparatif Akun @TrioMacan2000 dan @TM2000Back)”. Penelitian ini bertujun untuk memahami opini mahasiswa Fakultas Hukum dan Fisip Unsyiah dalam melihat dan menanggapi isu rekam jejak politik Jokowi melalui akun @TrioMacan2000 dan @TM2000Back. Melalui teknik pengambilan sampel purposive, penelitian kualitatif ini melibatkan 10 orang informan dari Fakultas Hukum dan Fisip Unsyiah. Teori yang digunakan adalah spiral keheningan. Teori ini menjelaskan bahwa terbentuknya opini publik ditentukan oleh suatu proses saling mempengaruhi antara komunikasi massa, komunikasi antar pribadi, dan persepsi individu tentang pendapatnya dalam hubungannya dengan pendapat orang-orang lain dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa twitter menjadi pilihan mahasiswa mencari informasi politik dikarenakan sifatnya yang cepat dan terkini. Delapan dari sepuluh mahasiswa berpendapat bahwa kedua akun ini relatif sama, yakni masih membahas isu politik yang tujuannya menjatuhkan Jokowi. Namun ada juga yang membedakannya yaitu di akun @TM2000Back, isu rekam jejak politik Jokowi dibahas lebih fokus dan mendalam. Yakni, tentang kampanye yang didukung oleh mafia Cina dan citra Jokowi yang dibesarkan media nasional. Terdapat perubahan opini dan sikap mahasiswa terhadap akun @TM2000Back yaitu dari mengikuti menjadi tidak mengikuti.

Kata kunci: akun @TrioMacan2000 @TM2000Back, Isu Jokowi, spiral keheningan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK