//

STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON YANG RNBERASOSIASI DENGAN EKOSISTEM MANGROVE DI RNPERAIRAN KUALA LANGSA KOTA LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD IQBAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perubahan lahan mangrove menjadi ekowisata dan aktivitas di pelabuhan perairan Kuala Langsa cenderung mengubah vegetasi mangrove dan kualitas perairan. Penelitian ini bertujuan menganalisa struktur komunitas fitoplankton dan kerapatan mangrove di perairan Kuala Langsa. Penelitian ini dilakukan pada Januari sampai Februari 2015. Penelitian ini menggunakan 4 stasiun. Stasiun 1 berada pada daerah yang kerapatan mangrove tinggi, stasiun 2 berada pada daerah yang memiliki kerapatan mangrove rendah, stasiun 3 berada pada daerah pelabuhan dan stasiun 4 berada pada daerah pemukiman penduduk. Plankton net digunakan untuk menyaring sampel fitoplankton dan transek kuadrat untuk pengukuran kerapatan mangrove. Fitoplankton yang ditemukan pada perairan mangrove kuala langsa berasal dari dua kelas yaitu Bacillariophyceae (59%) dan Dinophyceae (41%). Spesies yang ditemukan seperti Licmophora sp, Navicula sp, Pleurosigma sp, Pseudo-nitzschia sp, Rhizosolenia sp, Skeletonema sp, Stepanophyxis sp, Striatella sp, Thalassionema sp, Thalassiosira sp, Alexandrium sp, Ceratium sp, Dinophysis sp, Gonyaulax sp, Gyrodinium sp dan Protocentrum sp. Kelimpahan tertinggi fitoplankton perwaktu terdapat pada jam 14.00 dengan total kelimpahan 44822 ind/l dan paling rendah jam 17.00 dengan total kelimpahan 38233 ind/l. Kelimpahan tertinggi setiap stasiun terdapat pada stasiun 1 dengan total kelimpahan 46641 ind/l dan terendah pada stasiun 3 dengan total kelimpahan 34114 ind/l. Stuktur komunitas fitoplankton pada kawasan perairan mangrove kuala langsa untuk keanekaragaman memiliki nilai yang berkisar 1,32-1,92 (sedang), keseragaman berkisar 0,60-0,80 (labil dan stabil) dan dominansi memiliki nilai 0,20-0,45 (kecil). Kata kunci: Kuala Langsa, Fitoplankton, Struktur Komunitas, Mangrove

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOSRNYANG BERASOSIASI DENGAN EKOSISTEM MANGROVE RNDI PERAIRAN KUALA LANGSA RNKOTA LANGSA (MUHADHIR, 2015)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKOSISTEM HUTAN MANGROVE DI KAWASAN KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA. (Laksmi Puja Sukma, 2018)

PRODUKSI SERASAH HUTAN MANGROVE DI KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA (Ridha Hafizi, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS PADA EKOSISTEM MANGROVE DI DESA PULO SAROK PESISIR PANTAI SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (ZUNA SAHFERO, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON DI ESTUARI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, ACEH BESAR (Nunuk Riyanti, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy