//

ANALISIS KANDUNGAN LOGAM TIMBAL (PB) PADA SEDIMENRNDAN AIR LAUT DI PELABUHAN BALOHANRNKOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DIRA YULIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan timbal (Pb) yang terdapat pada air laut dan sedimen pada perairan pelabuhan Balohan, kota Sabang. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2015, di pelabuhan Balohan kota Sabang. Sampel dianalisis menggunakan Atomic Absorpsion Spectrophotometer (AAS) di laboratorium BARISTAND (Badan Riset dan Standarisasi Industri), Aceh. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi penelitian ini adalah metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sampel air laut pada stasiun 2 mengandung logam Pb sebesar 1,0061 mg/L. Nilai ini telah melebihi ambang batas maksimum sesuai dengan ketentuan Menteri Lingkungan Hidup nomor 179 tahun 2004, sedangkan kadar logam Pb dalam sampel air laut pada stasiun 1 dan 3 diperoleh < 0,0012 mg/L dimana masih dibawah ambang batas yang ditentukan, serta sampel sedimen di ketiga stasiun juga menunjukkan kadar logam Pb < 0,0012 mg/kg, dimana sesuai dengan ketentuan RNO (Réseau Nationale d’Observation) tahun 1981. Kata kunci : Timbal (Pb), sedimen dan air laut, atomic absorption spectrophotometer (AAS)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KANDUNGAN LOGAM BERAT PB PADA AIR LAUT, SEDIMEN DAN TIRAM SACCOSTREA GLOMERATA DI PELABUHAN PASIRAN SABANG (Asmaul Husna, 2015)

ANALISIS LOGAM PB PADA SEDIMEN DAN AIR LAUT DI KAWASAN PELABUHAN NELAYAN GAMPONG DEAH GLUMPANG KOTA BANDA ACEH (LATIFAH RIZKIANA, 2017)

SEBARAN LOGAM BERAT DI PERAIRAN BANDA ACEH (SYARIFAH KEUMALA, 2020)

ANALISIS LOGAM PB PADA SEDIMEN DI KAWASAN KOLAM LABUH PELABUHAN ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH (Rizki Rajuliansyah Lubis, 2019)

ANALISIS LOGAM PB PADA KERANG ANADARA GRANOSA DAN AIR LAUT DI KAWASAN PELABUHAN NELAYAN GAMPONG DEAH GLUMPANG KOTA BANDA ACEH (SASNITA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy