//

EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI PINANG DI KABUPATEN PIDIE(STUDI KASUS DI KECAMATAN PADANG TIJI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZA AZHARI - Personal Name
SubjectPRODUCTION EFFICIENCY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Efisiensi Faktor Produksi Pinang Di Kabupaten Pidie (Studi Kasus di Kecamatan Padang Tiji) Nama : Riza Azhari Nim : 0801101010034 Fakultas : Ekonomi Jurusan : Ekonomi Pembangunan Pembimbing : Amri, S.Si., M.Si. NIP : 197507192006041001 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi produksi yang berpengaruh terhadap produksi pinang di Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie yang dipengaruhi oleh variabel Tenaga Kerja, Lahan dan Modal. Pendekatan Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linear berganda dengan ordinary least square (OLS). Data yang digunakan adalah data primer dengan mengedarkan daftar pertanyaan (kuisioner) kepada 41 petani pinang yang berada di Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Hasil penelitian diolah dengan SPSS versi.15 menunjukkan bahwa faktor Lahan, Tenaga Kerja, dan Modal secara keseluruhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi produksi. Uji secara parsial, hanya variabel Modal yang signifikan, sedangkan variabel Tenaga Kerja dan Luas Lahan tidak signifikan. Dilihat pula dari analisis Return to Scale diketahui bahwa produksi pinang di kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie sudah efisien, hal ini dapat diketahui pada β1 + β2 + β3 = (0,189 + 0,148 + 0,696) sebesar 1,033 > 1. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan petani Pinang memberi perhatian khusus pada faktor lahan dan tenaga kerja lebih baik lagi. Kata Kunci :Efisiensi, Produksi, Tenaga Kerja, Lahan, dan Modal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SISTEM PEMASARAN PINANG DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Fitri Juniati, 2021)

KONTRJBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI PISANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DIKECAMATAN PADANG TIJI KAB UPATEN PIDIE (Nadya Aiza Hikmah, 2020)

MIGRASI PENDUDUK KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (TAZLIATUN NUFUS, 2019)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PISANG BARANGAN DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Safriadi, 2021)

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN SPESIES BURUNG PADA DUA TIPE HABITAT YANG BERBEDA DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Cut Nurjannah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy