//

PERBANDINGAN NILAI CBR LABORATORIUM DAN BERDASARKAN INDEKS PLASTISITAS PADA TANAH DESA REUKIH DAYAH KECAMATAN INDRAPURI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERI WANFITRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tanah yang tersedia di alam sering tidak dapat langsung digunakan karena secara alamiah tanah memiliki sifat-sifat fisis dan mekanis tertentu yang terbatas. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang tanah untuk mengetahui sifat-sifatnya dengan teliti sehingga akan menjamin stabilitas suatu konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan nilai California Bearing Ratio (CBR) yang diperoleh dari laboratorium dengan nilai CBR yang diperoleh berdasarkan Indeks Plastisitas. Tanah yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari Desa Reukih Dayah Kecamatan Indrapuri. Dalam penelitian ini, sampel tanah diambil dari tiga titik yang berbeda di lokasi tersebut. Tanah tersebut menurut klasifikasi AASHTO tergolong jenis tanah berlempung dengan simbol kelompok A-6 dengan nilai GI (group index) adalah 14 sampai 17. Menurut USCS termasuk golongan tanah lempung anorganik dengan plastisitas rendah sampai sedang yang disimbolkan CL dengan indeks plastisnya pada sampel tanah 1 PI=15,38%, tanah 2 PI=17,71% dan tanah 3 PI=18,88%. Hasil pengujian proctor didapat nilai Optimim Moisture Content (OMC) adalah pada sampel tanah 1 ωopt = 15,00%, tanah 2 ωopt = 13,69% dan pada tanah 3 ωopt = 12,87 dengan berat isi kering pada masing-masing tanah adalah pada sampel tanah 1 dmaks = 1,80 gr/cm3, tanah 2 dmaks = 1,57 gr/cm3 dan tanah 3 dmaks=1,57 gr/cm3. Hasil pengujian CBR dari ketiga sampel menunjukkan bahwa pada sampel tanah 2 memiliki nilai CBR tertinggi yaitu 10,86%. Dengan demikian nilai CBR dari hasil pengujian laboratorium lebih besar dari pada nilai CBR berdasarkan Indeks Plastisitas. Kata kunci; California Bearing Ratio (CBR), Indeks Plastisitas, Klasifikasi tanah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN NILAI CBR LABORATORIUM DENGAN RNNILAI CBR BERDASARKAN INDEKS PLASTISITAS PADA RNTANAH DESA PEUKAN BILUY KECAMATAN DARUL KAMAL (TYA WAHYUNI, 2015)

PERBANDINGAN NILAI CBR LABORATORIUM DENGAN RNNILAI CBR BERDASARKAN INDEKS PLASTISITAS PADA RNDESA PEUKAN BADA KECAMATAN PEUKAN BADA (INTAN SALVIA, 2015)

SISTEM PEMASARAN RAMBUTAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Dedi Irwansyah, 2020)

PENGARUH KATIONISASI UNTUK MEREDUKSI INDEKS PLASTISITAS TANAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KUAT GESER TANAH LEMPUNG EKSPANSIF (TEUKU JULLIS SYAMDIOFA, 2018)

DAMPAK USAHA EKSPLOITASI BAHAN GALIAN C TERHADAP LUAS LAHAN PETANI SEKITAR DAS KRUENG ACEH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Surya Dharma, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy