//
HUBUNGAN KEADAAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 BANDA ACEH |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak |
Pengarang | SITI RASYIDAH - Personal Name |
---|---|
Abstrak/Catatan Kata Kunci: hubungan, sosisial ekonomi orang tua, prestasi belajar Sosial ekonomi orang tua merupakan kemampuan atau posisi seseorang dalam masyarakat berkaitan dengan orang lain dalam arti lingkungan pergaulan, prestasi, dan hak-hak serta kewajibannya dalam hubungannya dengan sumber daya. Keadaan sosial ekonomi orang tua yang memadai maka dapat memenuhi segala keperluan yang dibutuhkan oleh anak-anak mereka, seperti dalam masalah pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya, sehingga anak-anak juga merasa segala kemampuan yang dimiliki tersalurkan dengan baik. Keluarga (orang tua) yang keadaan sosial ekonominya tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak, berbeda dengan orang tua yang keadaan sosial ekonominya rendah. Anak dalam belajar akan sangat memerlukan sarana penunjang belajarnya, yang kadang-kadang harganya mahal. Bila kebutuhannya tidak terpenuhi maka ini akan menjadi penghambat dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan keadaan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keadaan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Banda Aceh yang berjumlah 36 orang siswa, yang terdiri dari kelas VIII-1 sebanyak 18 orang dan kelas VIII-2 sebanyak 18 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi nilai rapor semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi serial. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi yang diperoleh yaitu 0,4244 berada pada kategori cukup tinggi. Nilai thitung diperoleh sebesar 3,1699 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,697. Hal ini menunjukkan nilai thitung > nilai ttabel maka tolak H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keadaan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh. | |
Tempat Terbit | |
Literature Searching Service |
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS VI
SD NEGERI 31 KOTA BANDA ACEH
HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS VI
SD NEGERI 31 KOTA BANDA ACEH
HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS VI SD NEGERI 31 KOTA BANDA ACEH (BUSTAMI, 2014) |
|
Kembali ke sebelumnya | |