//

HUBUNGAN KEADAAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI RASYIDAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: hubungan, sosisial ekonomi orang tua, prestasi belajar Sosial ekonomi orang tua merupakan kemampuan atau posisi seseorang dalam masyarakat berkaitan dengan orang lain dalam arti lingkungan pergaulan, prestasi, dan hak-hak serta kewajibannya dalam hubungannya dengan sumber daya. Keadaan sosial ekonomi orang tua yang memadai maka dapat memenuhi segala keperluan yang dibutuhkan oleh anak-anak mereka, seperti dalam masalah pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya, sehingga anak-anak juga merasa segala kemampuan yang dimiliki tersalurkan dengan baik. Keluarga (orang tua) yang keadaan sosial ekonominya tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak, berbeda dengan orang tua yang keadaan sosial ekonominya rendah. Anak dalam belajar akan sangat memerlukan sarana penunjang belajarnya, yang kadang-kadang harganya mahal. Bila kebutuhannya tidak terpenuhi maka ini akan menjadi penghambat dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan keadaan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keadaan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Banda Aceh yang berjumlah 36 orang siswa, yang terdiri dari kelas VIII-1 sebanyak 18 orang dan kelas VIII-2 sebanyak 18 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi nilai rapor semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi serial. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi yang diperoleh yaitu 0,4244 berada pada kategori cukup tinggi. Nilai thitung diperoleh sebesar 3,1699 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,697. Hal ini menunjukkan nilai thitung > nilai ttabel maka tolak H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keadaan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS VI SD NEGERI 31 KOTA BANDA ACEH HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS VI SD NEGERI 31 KOTA BANDA ACEH HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS VI SD NEGERI 31 KOTA BANDA ACEH (BUSTAMI, 2014)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA (Ayu Safitri, 2019)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP IT LUQMANUL HAKIM KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Khalida, 2018)

HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK ( SUATU STUDI DI SMP NEGERI 1 SAMADUA, KABUPATEN ACEH SELATAN) (MARWATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy