//

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERSEBARAN PENYAKIT TUBERKULOSIS BERBASIS WEB DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ruzaimi Afrilizar - Personal Name
SubjectWEB PROGRAMMING
WEB SITES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penyakit Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang dapat menular melalui udara dan mengalami peningkatan penderita setiap tahunnya. Indonesia termasuk kedalam sepuluh negara dengan jumlah kasus TB terbesar di dunia. Peningkatan kasus ini disebabkan oleh daya tahan tubuh, status gizi dan kebersihan diri individu yang rendah serta kepadatan lingkungan tempat tinggal. Pemetaan daerah penderita penyakit TB sangatlah penting dan menjadi salah satu cara mempercepat pengambilan tindakan untuk wilayah dengan kasus yang tinggi serta mempermudah pengumpulan informasi mengenai perkembangan kasus TB. Pendataan kasus TB dan pengelolaan data kasus perkembangan penyakit TB di wilayah kota Banda Aceh masih dilakukan secara manual dan tidak tersusun dengan rapi. Mengacu pada permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi geografis berbasis web terhadap perkembangan kasus penderita TB di wilayah kota Banda Aceh dengan mengintegrasikan paket program MapServer, PHP, Javascript dan MapFish client. Sistem pada penelitian ini dibangun melalui tahapan seperti pengumpulan data, pemasukan data spasial dan nonspasial ke database, Create View, konfigurasi peta pada QGIS (Quantum GIS), ekspor ke Mapfile, konfigurasi template MapFish (sisi pengguna), serta melakukan pengujian terhadap sistem yang telah dibangun. Pada sistem yang telah dibangun ini data kasus tersebut dapat dikelola berdasarkan puskesmas, desa dan tahun dan tersusun rapi didalam database. Pengujian kelayakan sistem menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan jumlah responden sebesar 30 responden. Berdasarkan hasil pengujian sistem menggunakan metode SUS, sistem informasi geografis persebaran penyakit TB berbasis web mendapatkan nilai usability 84.25% dan dapat disimpulkan bahwa sistem ini baik dan layak digunakan. Kata Kunci: Tuberkulosis, MapServer, Sistem Informasi Geografis berbasis web, System Usability Scale (SUS).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MESIN (ATM) DI KOTA BANDA ACEH (Abdul Aziz, 2020)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENDATAAN LOKASI TEMPAT WISATA KULINER DI KOTA BANDA ACEH (ICHWANUL HAKIM, 2018)

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) BERBASIS WEB UNTUK PEMETAAN RUMAH SAKIT, PERHOTELAN, DAN RESTORAN DI KOTA BANDA ACEH (SYAHRI ABDILLAH, 2021)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KOMODITAS TANAMAN PANGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN QUANTUMGIS DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Desy Fatmawati, 2019)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OBJEK WISATA KABUPATEN ACEH TAMIANG DAN KOTA LANGSA BERBASIS WEB (Sharfina Nurfitria. Z, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy