//

IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI NEGERI RN(STUDI KASUS: SMAN MODAL BANGSA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISKI PHONNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penguasaan pada salah satu bidang pendidikan akan memfokuskan seseorang untuk menjadi terampil pada bidang tersebut. Bidang pendidikan ini dalam tingkatan perguruan tinggi berupa jurusan. Tentunya dalam memilih jurusan yang diambil pada saat masuk ke perguruan tinggi harus berdasarkan pertimbangan dan bekal akademis yang memadai. Namun masalah yang sering terjadi adalah sulitnya menentukan jurusan yang ingin ditekuni oleh siswa SMA kelas 3. Apabila seseorang salah memilih jurusan pada saat masuk ke perguruan tinggi tentunya akan mempengaruhi masa depannya karena jurusan yang dipilihnya tidak sesuai dengan kemampuan akademis, IQ dan minatnya. Mengacu pada permasalahan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan membuat suatu aplikasi pendukung keputusan berbasis web menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan jurusan di Perguruan Tinggi Negeri. Metode ini mampu memberikan hasil akhir berupa urutan dari 5 jurusan jurusan yang telah dipilih oleh siswa tersebut. Tahapan dalam pembuatan sistem ini ialah mengidentifikasi masalah, melakukan studi literatur, mengumpulkan data, memasukkan data ke dalam basis data, membangun aplikasi dan menguji aplikasi. Aplikasi ini diberi nama SITUAN AHP. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah aplikasi SITUAN AHP yang dapat diakses melalui tautanhttp://cs.unsyiah.ac.id/~rhonna/TA. Hasil dari penggunaan aplikasi ini berupa rekomendasi lima jurusan yang diurutkan dari satu hingga lima berdasarkan tingkat kecocokannya dengan kriteria yang dimiliki oleh siswa tersebut. Dari 85 siswa yang diujikan menggunakan aplikasi ini terdapat 32 siswa hasil rekomendasi SITUAN AHP sama dengan alternatif yang dipilihnya. Dansebanyak 38 siswa yang direkomendasikan SITUAN AHP sedikit berbeda urutannya dengan jurusan yang dipilihnya. Sebanyak 15 siswa direkomendasikan oleh SITUAN AHP memiliki perbedaan yang mencolok pada urutan jurusan yang dipilih.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI NEGERI RN(STUDI KASUS: SMAN MODAL BANGSA) (RISKI PHONNA, 2015)

GAMBARAN KASUS DEVIASI MANDIBULA PADA SISWA SMAN 2 MODAL BANGSA ACEH BESAR (PHONNA CHLISSMA PUTRA, 2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMAN MODAL BANGSA DAN SMA LABORATORIUM UNSYIAH (EKA MAWARNI, 2016)

PERSEPSI PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP PEMILIHAN MODA UNTUK PERJALANAN KERJA (STUDI KASUS PEGAWAI NEGERI SIPIL KOTA JANTHO YANG BERDOMISILI DI KOTA BANDA ACEH DAN SEKITARNYA) (Rahmad Saputra, 2017)

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI PADA PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (FAHP) (AIDA AFIRA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy