IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI STUDI KASUS KOTA JANTHO, ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI STUDI KASUS KOTA JANTHO, ACEH BESAR


Pengarang

Muhammad Zikrilah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1104107010002

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Geofisika (S1) / PDDIKTI : 33201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian mengidentifikasi struktur bawah permukaan pada kawasan sekitar kompleks perkantoran bupati Aceh Besar kota Jantho telah dilakukan dengan menggunakan metode seismik refraksi. Tujuan penelitian tersebut adalah untuk menentukan nilai kecepatan antar lapisan sehingga dapat memberikan gambaran atau model lapisan bawah permukaan, mengidentifikasi jenis batuan yang ada pada tiap-tiap lapisan, dan menganalisis kedalaman lapisan bedrock yang berada di bawah permukaan. Akuisisi data lapangan dilakukan dengan menentukan lintasan pengukuran dimana terdapat 4 lintasan dengan jarak spasi antar geophone pada tiap lintasan adalah sebesar 3 m. Total bentangan pada lintasan adalah 72 m dan titik shoot terjauh adalah 36 m jaraknya dari titik geophone paling ujung. Pengolahan data menggunakan software Winsism V.12. Hasil yang diperoleh adalah gambaran penampang 2D lapisan bawah permukaan kawasan sekitar perkantoran bupati Aceh Besar. Rata-rata range kecepatan gelombang P pada lapisan pertama semua penampang adalah sebesar 300-800 m/s berupa lapisan top soil atau weathered layer dengan ketebalan 3-10 m. Pada lapisan kedua adalah 1200-1800 m/s berupa lapisan pasir dan kerikil dengan ketebalan 4-12 m. Pada lapisan ketiga adalah sebesar 2200-3000 m/s berupa lapisan pasir dan kerikil ditemukan pada kedalaman 8-20 m. Lapisan yang diidentifikasi sebagai bedrock adalah lapisan kedua.

Kata Kunci: Seismik Refraksi, Kecepatan Gelombang P, Lapisan Batuan, Bedrock

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK