//

HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI BLACKBERRY MESSENGER DENGAN EFEKTIFITAS KERJA JURNALIS ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Akmalulrizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Hubungan Penggunaan Aplikasi Blackberry Messenger dengan Efektivitas Kerja Jurnalis Aliansi Jurnalis Independen Kota Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk sejauh mana hubungan penggunaan media terhadap pemenuhan kebutuhan dan untuk mencapai efektivitas dalam pekerjaan jurnalistik, serta melihat pengaruh antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). Penggunaan aplikasi blackberry messenger adalah variabel bebas (X) dan efektivitas kerja jurnalis pada Aliansi Jurnalis Independen (AJI) merupakan variabel terikat (Y) yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota AJI yang yang berjumlah 50 orang, penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berarti seluruh populasi akan dijadikan sampel penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratification, teori ini menjelaskan penggunaan media dapat dilakukan secara individual yang sesuai dengan kebutuhannya. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang skala pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS versi 20.0 yaitu uji normalitas, uji product moment pearson, serta uji t-hitung dan menjelaskan kuesioner secara eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian Nilai korelasi yang di dapat pada penelitian ini adalah 0.652 yang berarti hubungan yang cukup berarti serta dapat disimpulkan dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah 5.962 dan nilai ttabel pada α 0,05 pada uji 2 sisi diketahui 2,009. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika thitung lebih besar dari ttabel (5.962 > 2,009), maka Ha diterima, artinya Penggunaan aplikasi blackberry messenger berhubungan signifikan dan positif terhadap efektivitas kerja jurnalis aliansi jurnalis independen (AJI) Kota Banda Aceh dalam melakukan kegiatan jurnalisnya seperti dalam upaya pemenuhan proses kerja, kemampuasn menyesuaikan diri terhadap lingkungan pekerjaan serta mampu menjalin komunikasi yang baik dengan narasumber. Nilai korelasi yang di dapat pada penelitian ini adalah 0.652 yang berarti hubungan yang cukup berarti. Kata Kunci: Blackberry Messenger, Efektivitas, Teori Uses and Gratification

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELUANG DAN TANTANGAN JURNALIS TERHADAP PENERAPAN JURNALISME INVESTIGASI DI ACEH (Ariansyah, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKSISTENSI JURNALIS PEREMPUAN DI BANDA ACEH (Zahratil Ainiah, 2016)

FENOMENA PETISI ONLINE PADA SITUS CHANGE.ORG DI KALANGAN JURNALIS (STUDI TERHADAP JURNALIS DI SEKRETARIAT JURNALIS BANDA ACEH) (Syahril, 2018)

PENGARUH HARGA, CITRA MEREK DAN FITUR BLACKBERRY MESSENGER DI SISTEM OPERASI LAIN TERHADAP KEPUTUSAN BERPINDAH MEREK SMARTPHONE BLACKBERRY DI KOTA BANDA ACEH (iqramullah, 2017)

EKSISTENSI JURNALIS PEREMPUAN DALAM KESETARAAN GENDER DI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (ATIKA SHARFINA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy