//

PERANAN OBESITAS PADA STROKE ISKEMIK AKUT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Neysa Azalia Efrimaisa - Personal Name
SubjectOBESITY - MEDICINE
ACUTE ISCHEMIC STROKE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Stroke adalah penyebab kematian dan kecacatan serius jangka panjang diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Stroke iskemik akut adalah stroke yang terjadi dalam jangka waktu lebih dari 24 jam sampai dengan 1 minggu. Obesitas adalah faktor resiko stroke yang dapat dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan obesitas pada stroke iskemik akut, dengan rancangan deskriptif analitik. Data diambil dengan melihat rekam medis, mengukur berat badan, tinggi badan dan tinggi lutut untuk perhitungan Indeks Massa Tubuh serta mengukur lingkar leher. Sampel penelitian berjumlah 67 pasien stroke iskemik akut di Ruang Rawat Inap Penyakit Saraf dr.Zainoel Abidin Banda Aceh pada 17 September 2012 – 18 Januari 2013. Hasil penelitian mendapatkan pasien stroke iskemik akut lebih banyak pada laki-laki yaitu 67,2% dengan frekuensi terbanyak terdapat pada kelompok usia 56–65 tahun yaitu 34,3% dari 67 pasien. Penderita stroke iskemik akut kategori obesitas berdasarkan IMT sebanyak 43 pasien (64,2%) dan obesitas berdasarkan lingkar leher sebanyak 48 pasien (71,6%). Hasil analisa penelitian dengan menggunakan uji binomial terdapat peranan obesitas secara signifikan berdasarkan IMT (p=0,027) dan obesitas berdasarkan lingkar leher (p=0,001) untuk kemungkinan terjadinya stroke iskemik akut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peranan obesitas untuk kemungkinan terjadinya stroke iskemik akut. Dengan mencegah obesitas sebagai faktor resiko stroke yang dapat dikontrol, maka kejadian stroke dapat dicegah. Kata kunci : Indeks Massa Tubuh, Lingkar leher, Obesitas, Stroke iskemik akut

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SUHU TUBUH DENGAN TINGKAT KEPARAHAN STROKE PADA PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT DI RUANG RAWAT GEULIMA I RSUDZA (Affra Cahyo Wibowo, 2014)

PENGARUH KADAR GLUKOSA DARAH TERHADAP TINGKAT KESADARAN PASIEN STROKE AKUT DIBAGIAN SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (della yudra andaria, 2015)

PERBEDAAN LINGKAR PINGGANG DAN RASIO LINGKAR PINGGANG PANGGUL PASIEN STROKE ISKEMIK DAN HEMORAGIK (Winny Hafnizar, 2017)

HUBUNGAN GAMBARAN ELEKTROKARDIOGRAM DENGAN STROKE ISKEMIK AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmadaniartini Bay, 2015)

GAMBARAN CEREBROVASCULAR REACTIVITY (CVR) PADA STROKE ISKEMIK DENGAN BREATH-HOLDING INDEX (BHI) DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ronny Andria, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy