//

RANCANG BANGUN PURWARUPA PENGIDENTIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR PELANGGAR LAMPU LALU LINTAS DENGAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Adityo Sumantri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penggunaan kendaraan di Indonesia semakin hari semakin meningkat dan angka kecelakaan juga terus meningkat. Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, contohnya menerobos lampu lalu lintas. Pada penelitian ini akan dirancang suatu purwarupa sistem yang dapat mengidentifikasi kendaraan bermotor yang menerobos lampu lalu lintas dengan memanfaatkan teknologi Radio Frequency Identification (RFID). RFID dapat mengidentifikasi suatu objek secara otomatis tanpa kontak langsung dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik, sehingga dapat mempermudah proses identifikasi pelanggar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu studi literatur, perancangan, pengimplementasian, dan pengujian. Purwarupa ini terdiri dari RFID reader dan RFID tag untuk mengidentifikasi kendaraan serta rangkaian LED sebagai simulasi lampu lalu lintas yang dikendalikan oleh Arduino Uno. Frekuensi kerja RFID yang digunakan yaitu 125 kHz. RFID reader dipasang di area lampu lalu lintas dan RFID tag dipasang pada tiap-tiap kendaraan. Apabila terdapat kendaraan yang menerobos lampu lalu lintas, maka RFID tag mengirim data ke RFID reader kemudian meneruskan data tersebut ke komputer untuk ditampilkan pada Serial Monitor. Purwarupa yang dibangun sepenuhnya berjalan baik, RFID reader memiliki jangkauan sudut pembacaan yang cukup luas dan dapat mengidentifikasi kendaraan yang dipasang RFID tag. Jarak maksimal yang mampu dijangkau oleh RFID reader 6 cm dan purwarupa ini bekerja baik untuk mendeteksi satu kendaraan yang menerobos lampu lintas. Kata Kunci : Pelanggaran lampu lalu lintas, RFID, Arduino Uno

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN SMART HOME MENGGUNAKAN RFID DAN SENSOR PIR BERBASIS ARDUINO UNO (HALIMAH NORA, 2017)

TINDAK PIDANA TIDAK MENGHIDUPKAN LAMPU UTAMA KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI SIANG HARI DAN PENERAPAN HUKUMNYA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. (Dewi Sartika, 2015)

PELANGGARAN TIDAK MENYALAKAN LAMPU UTAMA KENDARAAN BERMOTOR PADA SIANG HARI (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESORT KOTA LANGSA) (ATIKHA SURI DEWIANSYAH, 2016)

SISTEM ALARM DAN KUNCI PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO (ichwani, 2016)

DESAIN PURWARUPA PERALATAN PEMBATAS KECEPATAN KENDARAAN SECARA ADAPTIF MENGGUNAKAN SENSOR RADAR HB100 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P (Irfan Mulia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy