//

PERANCANGAN KAWASAN PANTAI CEMARA INDAH DI BLANGPIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sahibul Kiram - Personal Name
SubjectRECREATIONS FACILITIES-ARCHITECTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK PERANCANGAN KAWASAN WISATA PANTAI CEMARA INDAH DI BLANGPIDIE Oleh Sahibul Kiram NIM: 0904104010083 Peran sektor pariwisata semakin penting dalam perekonomian di setiap daerah, baik sebagai salah satu usaha peningkatan PAD maupun penciptaan lapangan pekerjaan. Blangpidie adalah ibu kota Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh. Abdya memiliki beberapa sektor pariwisata yang terus dikembangkan oleh pemerintah setempat. Hal ini ditunjang dengan posisi wilayah Kabupaten Abdya yang berada di jalur lintas Meulaboh-Tapak Tuan yang merupakan jalur dagang kawasan barat Aceh. Kawasan Wisata Pantai Cemara Indah di Blangpidie ini merupakan salah satu wisata pantai andalan di Kabupaten Abdya. Perancangan objek wisata ini bertujuan untuk menciptakan suatu tempat berkumpulnya berbagai macam aktifitas rekreasi dan hiburan bagi seluruh masyarakat Abdya dan daerah lainnya. Proses perancangan ini diawali dengan pendekatan studi lapangan dengan melihat kondisi fisik dari lokasi perancangan, studi literatur dan studi banding dari berbagai sumber mengenai objek sejenis yang berhubungan dengan wisata pantai. Tahap selanjutnya yaitu mengidentifikasi masalah yang timbul dalam perancangan dengan pertimbangan kondisi tapak, peraturan pemerintah setempat dan kriteria perancangan. Permasalahan tersebut di analisis serta ditemukan pemecahannya yang selanjutnya dijadikan konsep dalam merancang Kawasan Wisata Pantai Cemara Indah di Blangpidie. Kawasan Wisata Pantai Cemara Indah di Blangpidie ini mengambil tema “Rekreatif” sebagai pendekatan desain yang dimaksudkan untuk menampilkan suatu karakter lingkungan dan bangunan yang berfungsi sebagai sebuah sarana rekreasi dan wadah bersosialisasi bagi masyarakat. Tema ini juga diharapkan mampu mendukung fungsi seluruh sarana rekreasi maupun jenis kegiatan lainnya yang dapat menciptakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung sehingga mau untuk bersantai di tempat ini dan memberikan kesenangan maupun manfaat lainnya yang berkaitan dengan kegiatan di dalamnya. Kata Kunci: Kawasan Wisata Pantai, Rekreatif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HOTEL RESORT LHOKNGA ACEH BESAR (TEMA : ARSITEKTUR TROPIS) (Roja Apriadi, 2017)

INDAH NAGA PERMAI WATERPARK DI NAGAN RAYA (RAHMAINI LISNA, 2015)

ACEH UTARA SHOPPING CENTER (Syarif Wahyu Shafarza, 2015)

PERANCANGAN TAMAN REKREASI PANTAI DI SABANG (Ria Indriani, 2015)

POLA PENYEBARAN DAN KARAKTERISTIK HABITAT ACANTHOPLEURA GEMMATA PADA ZONA LITORAL PANTAI LHOKNGARNKABUPATEN ACEH BESAR (siti wardana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy