EFEK ANTIBAKTERIAL BATU LANDAK (GELIGA HYSTRIX) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

EFEK ANTIBAKTERIAL BATU LANDAK (GELIGA HYSTRIX) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI


Pengarang

Nurfitriani Asuti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1102101010034

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ekstrak batu landak (Geliga hystrix) dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli secara in vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, dari bulan Januari sampai Februari 2015. Sampel yang digunakan adalah Ekstrak batu landak (Geliga hystrix) dan biakan bakteri Ecsherichia coli yang didapat di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Hewan. Penelitian ini dilakukan dengan 3 kali pengulangan. Biakan Escherichia coli di swab merata pada permukaan Mueller Hinton Agar, jumlah bakteri sesuai dengan standar kekeruhan Mc Farland’1. Kertas cakram yang sudah direndam dalam ekstrak batu landak pada konsentrasi 25%, 15%, 10%, dalam Carboxy Methyl Cellulose (cmc) sebagai kontrol negatif dan kertas cakram Cloramfenicol sebagai kontrol positif diletakkan pada permukaan Mueller Hinton Agar. Parameter yang diamati adalah luas zona hambat yang terbentuk dengan metode difusi. Data penelitian dari hasil luas zona hambat batu landak dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak batu landak (Geliga hystrix) tidak dapat menghambat pertumbuhan dari variasi konsentrasi yang diberikan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK