//


Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 469

Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 494

PENGARUH PEMBERITAAN LAMBANG DAN BENDERA ACEH DI MEDIA CETAK SERAMBI INDONESIA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Setelah Memorandum of Understanding (MoU) di Helsinki tahun 2005, kondisi keamanan di Provinsi Aceh berangsur-angsur membaik dan mulai banyak perkembangan, baik dari segi ekonomi, politik, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata. Namun belakangan ini hangat diberitakan di media-media mengenai landasan hukum yang tertera pada MoU Helsinki, yaitu pada Bab I 1.1.3 yang berbunyi, bahwa Aceh berhak memiliki simbol-simbol kedaerahan berupa bendera, lambang dan hymne. Hal inilah yang melandasi penelitian mengenai pemberitaan lambang dan bendera Aceh pada skripsi ini. Penelitian ini menggunakan teori efek moderat, asumsi pada teori ini adalah gagasan mengenai khalayak aktif yang menggunakan isi media untuk menciptakan pengalaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksplanasi melalui uji regresi linear sederhana dengan analisis kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 responden yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil dari analisis regresi linear sederhana bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pemberitaan media cetak Serambi Indonesia terhadap tingkat kecemasan masyarakat kota Banda Aceh dengan koefisien regresi 0,415. Hasil uji hipotesis didapat nilai thitung sebesar 4,513 dan nilai ttabel pada α=5% adalah 1,984. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika thitung > ttabel (4,513 > 1,984) maka Ha diterima. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa variabel pemberitaan lambang dan bendera Aceh di media cetak Serambi Indonesia memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan variabel tingkat kecemasan masyarakat kota Banda Aceh. Kedepannya diharapkan berita yang disiarkan oleh media cetak khususnya harian Serambi Indonesia dapat memberi informasi politik yang merata, adil, dan seimbang. Sehingga masyarakat tidak menganggap ini adalah provokasi media yang dapat memicu timbulnya konflik baru, dan bagi masyarakat konsumen media, setelah membaca sebuah berita hendaknya dapat menganalisa terlebih dahulu makna dan isi berita sehingga tidak mudah terprovokasi apalagi sampai menimbulkan persepsi yang salah. Kata kunci: Bendera Aceh, Serambi Indonesia, Pemberitaan, Kecemasan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA TENTANG KASUS SEKS BEBAS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA DI KOTA BANDA ACEH (nurhayati, 2013)

BENTUK PEMBERITAAN POLEMIK BENDERA ACEH ANTARA PEMERINTAH PUSAT DENGAN PEMERINTAH ACEH (STUDI KOMPARATIF TERHADAP PEMBERITAAN PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH) (Mutiara Indaswari, 2015)

PENGARUH PEMBERITAAN BENCANA ALAM DI HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH) (Istiqomah, 2016)

PROSES GATEKEEPING PEMBERITAAN LGBT PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (QURRATA AYUNI, 2019)

PENGARUH PEMBERITAAN MEDIA CETAK SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA FISIP UNSYIAH PADA PEMILUKADA ACEH 2012. (Rahmad Muhajir, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy