//

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fathiyah Adisza - Personal Name
SubjectSLEEP QUALITY
HEART FAILURE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gagal jantung merupakan keadaan dimana terjadi kegagalan ventrikel kiri dan atau kanan jantung yang mengakibatkan ketidakmampuan jantung dalam memberikan cardiac output yang cukup untuk memenuhi kebutuhan jaringan, dan menyebabkan terjadinya kongesti pulmonal dan sistemik. Pasien gagal jantung sering bangun tengah malam dikarenakan dispnu nokturnal paroksismal dan batuk. Hal tersebut menyebabkan kualitas tidur pasien akan menurun. Tidur yang berkualitas buruk dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan motorik, penurunan produktivitas, perubahan mood, penurunan daya ingat, disorientasi, gangguan keseimbangan, psikologis, dan penurunan status fungsional, hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien gagal jantung. Teknik pengambilan sampel adalah quota sampling dengan jumlah sampel 49. Analisa data penelitian dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan bahwa responden dengan kualitas tidur buruk memiliki kualitas hidup kurang dengan persentase 47,2% sedangkan kualitas hidup baik hanya 25%. Responden dengan kualitas tidur baik memiliki kualitas hidup baik dengan persentase 46,2% sedangkan kualitas hidup kurang hanya 15%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan kualitas tidur terhadap kualitas hidup pasien gagal jantung dengan nilai p value 0,006 (

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

44 HUBUNGAN FATIGUE DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MULIADY PUTRA, 2021)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2014 (Nisa Andriani Putri, 2014)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fathiyah Adisza, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy