TANGGUNG JAWAB DALAM PENGELOLAAN DANA NASABAH PADARNPT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

TANGGUNG JAWAB DALAM PENGELOLAAN DANA NASABAH PADARNPT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

QADARISA PUTRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1003101020093

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK Qadarisa Putra:TANGGUNG JAWAB DALAM PENGELOLAAN DANANASABAH PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA DI KOTA BANDA ACEH Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (iv, 57). pp., bibl., app. (Syamsul Bahri, S.Hi., M.A) Menurut Fatwa No. 21/DSN-MUI/III/2012 Tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah, Asuransi syariah (ta’min, takful atau tadhamun) adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang/pihak melalui dana investasi dalam bentuk aset atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. Jika ditinjau dari segi hukum perikatan islam, asuransi konvensional hukumnya haram. Namun asuransi syariah membuat nasabah menjadi lebih tertarik karena sistem pengelolaan dananya tidak beralih menjadi dana perusahaan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tanggungjawab dalam pengelolaan dana nasabah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga di Kota Banda Aceh dan untuk menjelaskan upaya yang dilakukan PT. Asuransi Takaful Keluarga apabila terjadi kerugian dalam mengelola dana nasabah. Penelitian ini menggunakan metodeyuridisempiris, yaitu penelitian kepustakaan dan lapangan. Pendekatan yuridis (hukum dilihat sebagai norma atau das sollen), karena dalam membahas permasalahan penelitian ini menggunakan bahan-bahan hukum (baik hukum yang tertulis maupun hukum yang tidak tertulis atau bahan hukum primer maupun bahan hukum sekunder). Pendekatan empiris (hukum sebagai kenyataan sosial, kultural atau das sein), karena dalam penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tanggungjawab dalam pengelolaan dana nasabah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga, menunjukkan bahwakumpulan dana peserta yang berasal dari premi nasabah diinvestasikan dalam pembiayaan-pembiayaan proyek yang dibenarkan secara syariah dan PT. Asuransi Takaful Keluarga memiliki dana cadangan dimana dana tersebut dipergunakan ketika perusahaan mengalami suatu kerugian yang fatal dalam mengelola dana nasabah, namun apabila kerugian tersebut tidak lagi dapat diselesaikan dengan menggunakan dana cadangan, maka pengelola statuter yang ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan akan menggantikan tugas dan fungsi Direksi dengan dibebankan tanggungjawab penuh atas PT. Asuransi Takaful Keluarga. Disarankan kepada pihak pengelola PT. Asuransi Takaful Keluarga agar lebih memperhatikan segala kemungkinan risiko yang dapat terjadi ketika hendak menginvestasikan dana nasabah dan kepada Otoritas Jasa Keuangan agar dapat memperhatikan perkembangan Perusahaan Asuransi Syariah secara objektif agar dapat meminimalisir kemungkinan kerugian yang mungkin terjadi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK