//

HUBUNGAN USIA IBU DAN FAKTOR LINGKUNGAN SAAT HAMIL DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Pretty Puspitasari - Personal Name
SubjectCONGENITAL HEARTH DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan kelainan kongenital, dimana terjadi kelainan struktur dan fungsi pada jantung karena perkembangan abnormal sebelum kelahiran. PJB disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya, yaitu usia ibu hamil, hubungan kekerabatan, ibu dengan infeksi rubella dan cytomegalovirus, ibu dengan diabetes, ibu yang mengkonsumsi obat-obatan seperti antihipertensi dan antikonvulsan serta ibu yang mengkonsumsi alkohol dan merokok. Kelainan kongenital terlihat lebih banyak terjadi pada bayi yang lahir dari ibu muda (< 20 tahun) dan terjadi peningkatan risiko pada bayi yang lahir dari ibu dengan usia yang lebih tua (> 35 tahun). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara usia ibu dan faktor lingkungan saat hamil dengan kejadian PJB di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan Oktober 2012- Desember 2012. Sampel diambil dengan consecutive sampling dengan responden sebanyak 45 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah usia dan faktor lingkungan. Berdasarkan uji analisis Fisher Exact test, (p= 0,174) tidak terdapat hubungan antara usia ibu saat hamil dengan kejadian PJB di Rumah Sakit Umum dr.Zainoel Abidin, Banda Aceh. Selanjutnya,didapatkan p= 0.674 pada uji Fisher Exact test, ini menyatakan bahwa pada tingkat kemaknaan 95% dengan α=0,05, tidak ada hubungan antara faktor lingkungan dengan kejadian PJB di RSUDZA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah usia ibu saat hanil dan factor lingkungan yang mempengaruhinya saat hamil tidak berhubungan dengan kejadian penyakit jantung bawaan. Kata kunci: Penyakit Jantung Bawaan, Usia Ibu, Faktor lingkungan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PERKEMBANGAN PADA BALITA DENGAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FADHILLAH IDRIS, 2014)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Aisyatun, 2014)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (mutia rahmah, 2014)

DEMOGRAFI USIA, JENIS KELAMIN, DAN KLINIS TEKANAN DARAH PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LIYA HARNINGSIH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy