STUDI INTRUSI AIR LAUT PADA AKUIFER MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D DI DESA LAMBADA LHOK, ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STUDI INTRUSI AIR LAUT PADA AKUIFER MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D DI DESA LAMBADA LHOK, ACEH BESAR


Pengarang

Akmal Muhni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1104107010007

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Geofisika (S1) / PDDIKTI : 33201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Desa lambada Lhok merupakan salah satu dari daerah pesisir yang paling parah mengalami permasalahan krisis air bersih di Aceh Besar. Krisis air bersih yang terjadi didaerah tersebut disebabkan oleh penerobosan air asin ke akuifer air tawar dan penurunan permukaan air tanah cukup besar mengakibatkan intrusi air laut. Penelitian ini telah dilakukan pada 3 (tiga) lintasan di Desa Lambada Lhok dan 1 (satu) lintasan di Desa Kajhu sebagai data pembanding untuk daerah yang bebas dari intrusi air laut menggunakan metode resistivitas 2D konfigurasi Wenner-Schlumberger. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai resistivitas semu bawah permukaan dan pemodelan 2D resistivitas bawah permukaan, serta melakukan interpretasi data pola struktur perlapisan bawah permukaan daerah pendugaan intrusi air laut di Desa Lambada Lhok. Akuisisi data pada penelitian ini dilakukan pada 4 (empat) lintasan dengan panjang setiap lintasannya 200 meter dengan spasi 5 meter menggunakan alat ARES. Data yang didapat kemudian diolah menggunakan software Res2Dinv sehingga diperoleh model 2D resistivitas bawah permukaan daerah penelitian. Hasil yang diperoleh dari 4 (empat) lintasan pengukuran pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai resistivitas untuk intrusi air laut pada daerah penelitian adalah di bawah 1,45 ?m dengan kedalaman intrusi bervariasi dari 6 hingga 29 meter. Struktur bawah permukaan kawasan tersebut terdiri dari pasir lempungan, lempung pasiran dan lempung yang menyebar secara lateral. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data pada kedua daerah tersebut, penyebaran intrusi air laut didaerah penelitian Desa Lambada Lhok dimulai dari lintasan LL 1, LL 2 sampai dengan lintasan LL 3. Penyebaran intrusi air laut terjadi paling parah terjadi yaitu pada lintasan LL 2 dan mulai berkurang pada lintasan LL 3.

Kata Kunci: metode resistivitas, intrusi air laut, Wenner-Schlumberger, Res2Dinv, Lambada Lhok, Kajhu

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK