//

PENGARUH KEAUSAN MATA PAHAT TERHADAP GETARAN PADA MESIN BUBUT KNUTH COMPASS 250/1000B

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang amar zainun irawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Proses bubut adalah suatu proses yang digunakan untuk membuang sebahagian material dari permukaan benda kerja yang tidak diperlukan untuk menjadi bahan jadi (produk). proses bubut umumnya menggunakan mata pahat tunggal. Pada proses pengerjaan Keausan mata pahat akan berdampak pada getaran yang dialami oleh mata pahat sehingga dapat mempercepat kerusakan dan keausan pahat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh keausan mata pahat terhadap getaran pada mesin bubut knuth compass 250/1000B. Mata pahat yang digunakan adalah jenis HSS yang dan benda kerja terbuat dari baja karbon sedang. Pengujian ini menggunakan mata pahat baru dan mata pahat yang telah aus dengan beberapa variasi panjang pemotongan dari masing-masing mata pahat yaitu 100;125; 150; 175; 200 mm, feeding (f ) 0.5 mm/r, kecepatan spindel (n) 512 rpm dan kedalaman makan 2 mm. ukuran mata pahat yang digunakan 8x8x96 mm dengan sudut . Berdasarkan Pengamatan secara visual, permukaan mata pahat mengalami kerusakan pada mata pahat aus dengan panjang pemakanan 150 mm, (n) 512 rpm, kedalaman makan 2 mm. sedangkan pengukuran getaran menggunakan accelerometer menunjukan besar getaran yang terjadi pada saat mata pahat mengalami kerusakan permukaan sebesar 21.47 m/ .

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA RAMBATAN TEMPERATUR PADA PROSES BUBUT TERHADAP PAHAT HSS DAN BENDA UJI (HAFIZUDDIN, 2014)

ANALISA KEAUSAN MATA PAHAT HSS PADA PROSES DRILLING KOMPOSIT KEVLAR (SAMSUL BAHRI, 2018)

ANALISA KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA MATERIAL BAJA ST 60 MENGGUNAKAN PAHAT KARBIDA (Heru Prasetyo Harahap, 2019)

ANALISA KEAUSAN MATA PAHAT HSS PADA PROSES MENGGURDI KAYU LAPIS (Rahman Ariansyah, 2017)

ANALISA KEAUSAN TEPI PAHAT POTONG HSS-CO5 END MILL VARIASI KEDALAMAN POTONG DENGAN MATERIAL BAJA KARBON SEDANG (anang zazu setyas, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy