//

PERBANDINGAN MINAT BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN METODE EXPERIMEN DAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI SMAN 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novi Nanda Resta - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Minat belajar, metode experimen, metode demonstrasi. Berdasarkan hasil observasi penulis pada tanggal 16 Februari 2015, yaitu dengan melakukan wawancara kepada guru pelajaran fisika bahwa siswa SMAN 12 Banda Aceh memiliki minat belajar yang rendah pada mata pelajaran fisika, siswa kurang bersemangat pada saat proses belajar mengajar, siswa cenderung ribut dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru. Salah satu cara untuk menumbuhkan minat belajar siswa adalah dengan penggunaan metode yang bervariasi. Metode experimen dan metode demonstrasi dapat digunakan guru untuk membantu setiap siswa belajar, mulai dari keterampilan dasar sampai pemecahan masalah yang kompleks. Penulis memilih kedua metode ini, karena berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa metode experimen dan metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini didukung oleh pendapat Istarani (2012:2) “ menyatakan bahwa penggunaan metode efektif dan efisien dapat membngkitkan motif, minat atau gairah belajar siswa”. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran experimen dan metode demonstrasi terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas XI SMAN 12 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 12 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA1 dan kelas XI MIA4 dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang. Penentuan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes awal, tes akhir dan pengolahan data menggunakan uji t, uji χ^2, dan uji F untuk mengetahui perubahan minat belajar siswa pada taraf signifikan α = 5% dan dk = 36 menunjukkan bahwa bahwa nilai thitung ≥ t tabel, yaitu 3,38 >1,68. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis peneliti diterima yaitu minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode experimen lebih baik dari pada minat belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas XI SMAN 12 Banda Aceh. Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas disarankan kepada setiap guru khususnya guru fisika untuk menggunakan metode experimen pada materi fisika dan pada penelitian berikutnya untuk dapat memvariasikan metode experimen dengan model pembelajaran lainnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (NURUL AMELIA ADHA, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP POKOK BAHASAN PERPIDAHAN KALOR PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 DARUSSALAM (Budi Pramana Putra Damanik, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DI KELAS IV SDN 69 BANDA ACEH (Putri Afliana, 2014)

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DI KELAS IV SDN 40 BANDA ACEH (latifah, 2013)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 2 JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (Nurjani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy