KLASIFIKASI MASA STUDI MAHASISWA S1 FMIPA UNSYIAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK AKADEMIK MAHASISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KLASIFIKASI MASA STUDI MAHASISWA S1 FMIPA UNSYIAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK AKADEMIK MAHASISWA


Pengarang

Jasma Aida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1008101010005

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

519.5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Masa studi ideal bagi mahasiswa yang menempuh jenjang pendidikan S1 sekitar empat sampai lima tahun, tetapi fakta membuktikan masih banyak mahasiswa S1 FMIPA Unsyiah yang membutuhkan waktu lebih lama. Dari informasi tersebut akan menarik untuk mengklasifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa berdasarkan karakteristik dan latar belakang pendidikan mahasiswa S1 FMIPA Unsyiah tersebut. Salah satu metode statistika yang sesuai untuk mengklasifikasi dapat digunakan metode CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection). Metode CHAID akan membagi data menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan keterkaitan antara peubah respon dengan peubah penjelas. Karakteristik dan latar belakang pendidikan tersebut antara lain adalah jenis kelamin, asal sekolah, jurusan, tingkat pendidikan pembimbing, Indek Prestasi Kumulatif (IPK), dan nilai sidang. Metode CHAID dapat menampilkan grafis struktur pohon berupa diagram yang menjelaskan hubungan antara peubah respon kategorik dengan peubah penjelas kategorik sehingga mudah untuk diinterpretasikan. Uji yang digunakan untuk menghasilkan diagram pohon adalah uji Chi-square dan koreksi Bonferroni. Dalam penelitian ini digunakan data lulusan S1 FMIPA Unsyiah yang lulus pada bulan Januari 2007 sampai dengan Agustus 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dan karakteristik yang diduga mempengaruhi masa studi mahasiswa S1 FMIPA Unsyiah. Berdasarkan hasil analisis metode CHAID menghasilkan faktor-faktor yang signifikan yang mempengaruhi masa studi mahasiswa adalah IPK, tingkat pendidikan pembimbing, nilai sidang, jenis kelamin, dan jurusan. Metode CHAID menyebutkan bahwa karakteristik kategori mahasiswa yang masa studi cepat sama dengan masa studi sedang, yaitu mahasiswa dengan IPK sangat memuaskan atau cumlaude, mendapat nilai sidang A, dan berjenis kelamin perempuan. Sedangkan karakteristik kategori mahasiswa yang masa studi lama adalah mahasiswa yang IPK memuaskan dengan tingkat pendidikan pembimbing skripsinya doktor. Dalam hal akurasi klasifikasi, persentase keakuratan model mengklasifikasikan masa studi secara tepat sebesar 61,4%.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK