//

KLASIFIKASI MASA STUDI MAHASISWA S1 FMIPA UNSYIAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK AKADEMIK MAHASISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jasma Aida - Personal Name

Abstrak/Catatan

Masa studi ideal bagi mahasiswa yang menempuh jenjang pendidikan S1 sekitar empat sampai lima tahun, tetapi fakta membuktikan masih banyak mahasiswa S1 FMIPA Unsyiah yang membutuhkan waktu lebih lama. Dari informasi tersebut akan menarik untuk mengklasifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa berdasarkan karakteristik dan latar belakang pendidikan mahasiswa S1 FMIPA Unsyiah tersebut. Salah satu metode statistika yang sesuai untuk mengklasifikasi dapat digunakan metode CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection). Metode CHAID akan membagi data menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan keterkaitan antara peubah respon dengan peubah penjelas. Karakteristik dan latar belakang pendidikan tersebut antara lain adalah jenis kelamin, asal sekolah, jurusan, tingkat pendidikan pembimbing, Indek Prestasi Kumulatif (IPK), dan nilai sidang. Metode CHAID dapat menampilkan grafis struktur pohon berupa diagram yang menjelaskan hubungan antara peubah respon kategorik dengan peubah penjelas kategorik sehingga mudah untuk diinterpretasikan. Uji yang digunakan untuk menghasilkan diagram pohon adalah uji Chi-square dan koreksi Bonferroni. Dalam penelitian ini digunakan data lulusan S1 FMIPA Unsyiah yang lulus pada bulan Januari 2007 sampai dengan Agustus 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dan karakteristik yang diduga mempengaruhi masa studi mahasiswa S1 FMIPA Unsyiah. Berdasarkan hasil analisis metode CHAID menghasilkan faktor-faktor yang signifikan yang mempengaruhi masa studi mahasiswa adalah IPK, tingkat pendidikan pembimbing, nilai sidang, jenis kelamin, dan jurusan. Metode CHAID menyebutkan bahwa karakteristik kategori mahasiswa yang masa studi cepat sama dengan masa studi sedang, yaitu mahasiswa dengan IPK sangat memuaskan atau cumlaude, mendapat nilai sidang A, dan berjenis kelamin perempuan. Sedangkan karakteristik kategori mahasiswa yang masa studi lama adalah mahasiswa yang IPK memuaskan dengan tingkat pendidikan pembimbing skripsinya doktor. Dalam hal akurasi klasifikasi, persentase keakuratan model mengklasifikasikan masa studi secara tepat sebesar 61,4%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH AKTIVITAS BERORGANISASI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FKIP UNSYIAH (Alpi Sahrin, 2016)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DARI KELUARGA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Deviati, 2014)

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNSYIAH (ZURRATUL MUNA, 2020)

PERBANDINGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA BIDIK MISI DENGAN MAHASISWA REGULER PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2010/2011-2011/2012 (Sri Yusliana, 2015)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy