//

STATUS GIZI PASIEN HEMODIALISIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE GLOBAL ASSESSMENT (SGA) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Said Qadaru Alaydrus - Personal Name
SubjectNUTRITION
HEMODIALYSIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Subjecitve Global Assessment (SGA) adalah suatu alat pemeriksaan status nutrisi pasien yang terdiri dari anamnesis dan pemeriksaan fisik. Alat ini digunakan untuk menilai status nutrisi pasien hemodialisis di Instalasi Dialisis, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) dengan kriteria inklusi: 1) pasien berumur diatas 18 tahun, 2) pasien telah menjalani hemodialisis selama lebih dari 6 bulan, 3) pasien bersedia untuk ikut dalam penelitian ini. Penelitian ini berlangsung dari 1 November 2012 hingga 15 Januari 2013, 62 pasien hemodialisis diikutsertakan dalam penelitian ini. Umur rata-rata dari 62 pasien hemodialisis yang ikut dalam penelitian ini adalah 55,1 ± 12,1 tahun, dan rata-rata lama hemodialisis pasien adalah 31,1 ± 21,9 bulan. Dari 62 pasien tersebut, 11 orang (17,7%) didiagnosis mengalami kelainan nutrisi. Prevalensi nutrisi yang terdiagnosis oleh SGA dikategorikan ke dalam 3 kelas. Terdapat 51 pasien termasuk dalam Kelas A (82,3%), 10 pasien kelas B (`6,1%), dan 1 pasien termasuk kelas C (1,6%). Kesimpulan pada penelitian ini bahwa sebagian besar pasien hemodialisis di RSUDZA termasuk dalam kategori nutrisi baik dan SGA merupakan metode yang sederhana dan mudah digunakan dalam menentukan status nutrisi pasien berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik walaupun tidak dapat disanggah bahwa SGA bukan merupakan standar baku. Kata kunci: hemodialisis, SGA, nutrisi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN JENIS KELAMIN DAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN STATUS NUTRISI LANSIA YANG MENJALANI HEMODIALISIS KRONIK DENGAN METODE GERIATRIC NUTRITION RISK INDEX DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rauzatul Jannah, 2016)

HUBUNGAN LAMA WAKTU HEMODIALISIS PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN STATUS GIZI DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizkya Ika Fadilla, 2014)

STATUS GIZI PASIEN HEMODIALISIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE GLOBAL ASSESSMENT (SGA) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Said Qadaru Alaydrus, 2015)

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN PERSENTASE LIMFOSIT TOTAL PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Kurnia Gilang Ramadhana, 2015)

HUBUNGAN USIA DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN HEMODIALISIS KRONIK DI INSTALASI DIALISIS DENGAN MENGGUNAKAN MINI MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Kemal Aulia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy