//

PENERAPAN METODE FIS MAMDANI UNTUK KLASIFIKASI KEMATANGAN MELINJO BERDASARKAN WARNA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Rahmat - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Logika fuzzy merupakan metode penalaran yang digunakan sebagai penyelesaian permasalahan yang mengandung keraguan (kabur). Fuzzy inference system (FIS) merupakan metode dengan aturan logika fuzzy yang mulai dikembangkan dalam berbagai bidang seperti sistem kontrol, klasifikasi dan berbagai sistem lainnya. Penelitian ini menerapkan FIS sebagai penentuan tingkat kematangan melinjo (Gnetum gnemon L.) dengan mengklasifikasi warna biji melinjo. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan FIS dalam pengklasifikasian kematangan warna biji melinjo dengan pendekatan warna RGB. Penerapan ini melihat kesalahan klasifikasi dan rentang tingkat kematangan biji melinjo. Pembentukan sistem FIS ini menggunakan metode Mamdani dengan data gambar biji melinjo yang diproses menggunakan warna primer adiktif atau Red, Green, Blue (RGB). Variabel yang digunakan sebanyak 4 buah, terdiri dari 3 variabel input dan 1 variabel output. Variabel input berupa variabel Red, variabel Green dan variabel Blue dengan masing-masing variabel input memiliki 3 parameter yaitu parameter Rendah, Normal dan Tinggi. Variabel output merupakan persentase kandungan warna merah (Red) dengan 3 tingkat kematangan yaitu Mentah, Mengkal, Masak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan klasifikasi hanya terjadi pada tingkat kematangan Mengkal dengan persentase kesalahan sebesar 5%. Kata kunci: fuzzy inference system, mamdani, melinjo, RGB

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISASI KEMATANGAN BUAH KOPI (COFFEA) BERDASARKAN WARNA KULIT KOPI MENGGUNAKAN HISTOGRAM DAN MOMEN WARNA (Hendri Syahputra, 2018)

PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG BIJI BUAH MELINJO (GNETUM GNEMON) SEBAGAI ADSORBEN METILEN BIRU (A. Syiva Mahera Indarum, 2018)

IDENTIFIKASI TINGKAT KEMATANGAN KELAPA SAWIT BERBASIS PENCINTRAAN TERMAL (KHUSNUL AZIMA, 2019)

UJI DAYA SERAP METILEN BIRU DENGAN MENGGUNAKAN ARANG AKTIF DARI LIMBAH CANGKANG MELINJO (GNETUM GNEMON.L) YANG DIAKTIVASI SECARA KIMIA (Eka Arfunna, 2020)

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP KERUPUK KULIT LUAR MELINJO (SARCOTESTA) (Rifqatul Hasanah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy