//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTEDRNINDIVIDHUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSRNTERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUHILDA FUJI HASTUTI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TEAM ASSISTED INDIVIDHUALIZATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pembelajaran, TAI, hasil belajar, IPS Terpadu Model pembelajaran TAI merupakan suatu model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil secara heterogen dengan latar belakang cara berpikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan bantuan. Setiap anggota kelompok diterapkan bimbingan antar teman yaitu siswa yang pandai bertanggung jawab terhadap siswa yang lemah. Penelitian menerapkan model pembelajaran TAI ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran TAI; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran TAI; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TAI. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 MTsN Tungkob yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (evaluasi) siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAI meningkat secara individual dan klasikal. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan individual meningkat dari 78%, 89%, hingga siklus terakir 92% dan persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 50%, 70%, hingga 90%. (2) Persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru yang dominan muncul adalah membimbing siswa berdiskusi dengan persentase 20% dan aktivitas siswa yang dominan muncul adalah berdiskusi dan mengoreksi hasil belajar teman dalam kelompok sebesar 20%. (3) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran TAI meningkat dari kategori sedang (2,56), kategori baik (2,99), dan kategori sangat baik (3,75). (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TAI pada materi pranata sosial dalam kehidupan masyarakat dapat dikatakan baik, siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui model pembelajaran TAI dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (ROMI AHMAINI, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI PLANTAE (LUMUT) DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (NOVIANA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Handayani, 2013)

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Yusnimar, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK RNMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI RNPESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII-6 RNMTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Nurul Sakdah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy