//

KEMAMPUAN MENULIS TANGGAPAN DESKRIPTIF RNBERDASARKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWARNKELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI MAYANG SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Kemampuan Menulis Tanggapan Deskriptif Berdasarkan Media Gambar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh” ini mengangkat masalah dengan meliputi aspek (a) kesesuaian dengan ciri-ciri menulis tanggapan deskriptif, (b) kesesuaian, (c) kesatuan antarkalimat dalam menulis tanggapan deskriptif, (d) diksi, (e) pemakaian huruf kapital. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh, tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 219 orang dan mengambil sampel penelitian kelas VII-7 sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik sampel bertujuan yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara mengambil subjeknya bukan didasarkan strata, random, atau daerah, tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penugasan dan pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata atau nilai rata-rata siswa (mean). Nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu (1) kesesuaian dengan ciri-ciri menulis tanggapan deskriptif mendapat nilai 75 dan termasuk dalam kategori baik, (2) kesesuain antara ide dengan objek mendapat nilai 89 dan termasuk dalam kategori sangat baik, (3) kesatuan antarkalimat mendapat nilai 67 dan termasuk dalam kategori cukup, (4) ketepatan penggunaan diksi mendapat nilai 60 dan termasuk dalam kategori cukup, (5) pemakaian huruf kapital mendapat nilai 71 dan termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menulis tanggapan deskriptif berdasarkan media gambar adalah 73 dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan kategori nilai yang menjadi acuan penelitian ini, nilai rata-rata 7 3 berada pada kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh mampu menulis tanggapan deskriptif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIARNGAMBAR DAN MELALUI MEMBACA TEKS PROSARNSISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH (Nurul fuaida, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI (Ervania, 2018)

KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI SD NEGERI 2 MATA IE ACEH BESAR (Zahraton Nora, 2018)

KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA GAMBAR DAN NON MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 35 BANDA ACEH (Nurkhalimah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy