//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWARNIPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN AJAR 2014-2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NAZIRAH - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
ROUND TABLE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pengaruh,Tipe Kooperatif Round Table, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table terhadap Prestasi Belajar Siswa IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Table terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa SMP Negeri 2 Kuta Baro,tujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table pada mata pelajaran IPS, dan bagaimana perbandingan hasil belajar siswa mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table dengan menggunakan metode konvensional di SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar pada tahun ajaran 2014-2015. Yang menjadi sampel adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Tes yang dilakukan hanya tes akhir (post-test), yang digunakan untuk mengetahui aspek kemampuan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas kontrol. Pada kelas VIII-C (eksperimen) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 90 persen dan kelas VIII-B (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 71 persen. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antara variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,97 hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan yang erat antara variabel X (nilai hasil siswa belajar kooperatif tipe Round Table) dan variabel Y (nilai prestasi belajar konvensional).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT RUMUS FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (vitrie vonna, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII MTS NEGERI KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Aula Iwan Prala, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MTSN KUTA BARO KAB. ACEH BESAR (mulyana, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RNTAKE AND GIVE PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIIIRN SMP NEGERI 1 KUTA BARO (MAYSARAH FITRI, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MAN 1 KUTA BARO (Bilhusna Mutia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy