HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Pengarang

ELLA SEPTIANA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020021

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.152 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: Hasil belajar siswa, kesulitan siswa, persamaan garis lurus
Persamaan garis lurus merupakan materi yang diajarkan di kelas VIII SMP dan sangat penting untuk dipelajari karena memiliki banyak kontribusi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penelitian di lapangan menunjukkan hasil yang memprihatinkan dalam pembelajaran materi persamaan garis lurus. Berdasarkan hal tersebut, fokus masalah pada penelitian ini adalah: (1) apakah hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMPN 6 Banda Tahun Pelajaran 2014/2015 sudah mencapai ketuntasan; (2) kesulitan apakah yang dialami siswa dalam memahami materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMPN 6 Banda Tahun Pelajaran 2014/2015; (3) apa penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi persamaan garis lurus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus dan mengidentifikasi kesulitan serta penyebab kesulitan yang dialami siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 8 kelas, sedangkan yang menjadi sampel adalah satu kelas, yaitu kelas VIII-3. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Pengolahan data menggunakan uji-t pihak kiri untuk uji hipotesis, dengan mula-mula menguji normalitas data menggunakan uji chi-kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015 belum mencapai ketuntasan; (2) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi persamaan garis lurus antara lain: a) kesulitan dalam menentukan gradien dari persamaan garis lurus yang diketahui; b) kesulitan dalam menentukan persamaan garis lurus dari dua garis yang saling sejajar; c) kesulitan dalam menentukan persamaan garis lurus dari dua garis yang saling tegak lurus; d) kesulitan dalam menentukan persamaan garis lurus melalui dua titik yang diketahui; e) kesulitan dalam mengaplikasikan konsep dasar ke dalam materi persamaan garis lurus; f) kesulitan dalam memahami soal-soal mengenai persamaan garis lurus; g) kesulitan dalam menentukan langkah apa yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal; dan (3) Kesulitan belajar tersebut dikarenakan penyebab kesulitan siswa, yang antara lain: a) Pemahaman materi prasyarat yang masih rendah; b) Tidak mampu memahami konsep materi; c) Kurangnya latihan dalam mengerjakan soal-soal persamaan garis lurus; d) Jarak pemberian tes dengan materi cukup jauh.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK