//

UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA MELALUIRNPENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI KELILING DAN LUASRNLINGKARAN DI KELAS V MIN TUNGKOB KABUPATEN ACEHRN BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FEBRIZA ANDHINI - Personal Name
SubjectTEACHERS
STUDENT CHARACTER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Upaya Guru, Karakter Siswa, Pendekatan Realistik Matematika Menurunnya kualitas moral dalam kehidupan terutama di kalangan pelajar, menyebabkan perlunya diselenggarakanpembinaan karakter. Salah satu bentuk upaya pemerintah dalam rangka pembinaan karakter yaitu melalui dunia pendidikan.Pendidikan di sekolah merupakan salah satu komponen utama yang turut mempengaruhi pembentukan karakter siswa. Salah satu cara yang paling efektif bagi para pendidik mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran yaitu memadukan, memasukkan dan menerapkan norma atau nilai-nilai karakter dengan konteks kehidupan sehari-hari pada setiap mata pelajaran, terutama matematika. Pada praktik di lapangan selama ini terlihat bahwa guru-guru di sekolah belum banyak menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yaituuntuk mengetahuiupaya guru mengembangkan karakter siswa dan perkembangan karakter siswa terhadap upaya yang dilakukan oleh guru melalui pendekatan realistik pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas V MIN Tungkob Kabupaten Aceh Besar tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan (observasi) dan wawancara pada subjek penelitian yaitusatu orang guru matematika kelas V dari salah satu sekolah mitra PMRI Universitas Syiah Kuala. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil analisis data observasi dan wawancara diperoleh bahwa: 1) Guru sudah melakukan upaya yang bervariasi untuk mengembangkan karakter siswa yaitu karakter demokratis, kreatif, mandiri dan rasa ingin tahu melalui pendekatan realistik pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas V MIN Tungkob Kabupaten Aceh Besar tahun pelajaran 2014/2015; 2) Berdasarkan upaya yang telah dilakukan oleh guru, siswa telah mengalami perkembangan karakter ditinjau dari karakter demokratis, kreatif, mandiri, dan rasa ingin tahu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN GURU MENGANALISIS DAN MEMANFAATKAN “VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA” (RAHMI HAYATI, 2016)

UPAYA GURU EKONOMI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA SMA NEGERI BANDA ACEH (Teuku Pradiptya Auliansyah, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Deska Alza Maizara, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy