//

KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) TANPA DAN DENGAN PENAMBAHAN KITOSAN SETELAH PERENDAMAN DALAM KOPI ARABIKA GAYO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Setianingrum - Personal Name

Abstrak/Catatan

ix Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Nama : Dewi Setianingrum Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Kekasaran Permukaan Glass Ionomer Cement (GIC) Tanpa Dan Dengan Penambahan Kitosan Setelah Perendaman Dalam Kopi Arabika Gayo Glass Ionomer Cement (GIC) merupakan bahan restorasi sewarna gigi yang memiliki banyak kelebihan terutama mampu melepaskan ion florida sebagai antikariogenik. Salah satu upaya meningkatkan sifat fisik dan sifat mekanik yang rendah yaitu dilakukan penambahan kitosan pada liquid GIC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kopi arabika terhadap kekasaran permukaan serta perbedaan kekasaran permukaan GIC tanpa dan dengan penambahan kitosan antara sebelum dan setelah perendaman dalam kopi arabika gayo. Spesimen berbentuk silinder dengan diameter 10 mm dan tebal 2 mm. Spesimen berjumlah 20 buah yang terdiri dari 2 kelompok perlakuan. Kelompok pertama menggunakan GIC konvensional sedangkan kelompok kedua menggunakan GIC dengan penambahan kitosan 10 v/v%. Kedua kelompok perlakuan direndam dalam kopi arabika gayo dan akuades secara bergantian selama 8 hari. Kekasaran permukaan diukur menggunakan Surface Roughness Tester Mitotuyo. Hasil uji t berpasangan pada kedua kelompok menunjukkan terdapat perbedaan bermakna (p0,05) antara GIC konvensional dan GIC kitosan sebelum dan setelah perendaman. Dapat disimpulkan bahwa kopi arabika gayo dapat meningkatkan kekasaran permukaan pada kedua kelompok dan penambahan kitosan dapat menurunkan kekasaran permukaan GIC meskipun tidak bermakna (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN MIKROSTRUKTUR PERMUKAAN GIC KOVENSIONAL DAN DENGAN PENAMBAHAN KITOSAN 10 V/V % SETELAH PERENDAMAN DALAM KOPI ARABIKA GAYO (TANTI JERNITA, 2016)

PERBEDAAN KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) TANPA DAN DENGAN PENAMBAHAN KITOSAN SETELAH PERENDAMAN DALAM MINUMAN ISOTONIK (Rahmad Septiadi, 2015)

PENGARUH COATING GLASS IONOMER CEMENT KAPSUL TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN SETELAH PAPARAN KOPI DAN ROKOK (Anggie Safitri H, 2017)

PENGARUH PENAMBAHAN SILIKA 5% DARI PASIR LAUT TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI GLASS IONOMER CEMENT SETELAH PERENDAMAN KOPI ARABIKA GAYO (Halisni, 2019)

PENGARUH PENAMBAHAN HIDROKSIAPATIT PADA POWDER GLASS IONOMER CEMENT TERHADAP PERUBAHAN WARNA SETELAH PERENDAMAN DA0LAM KOPI ARABIKA GAYO (NAURAH NAZHIFAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy