//

PERKEMBANGAN DAYAH DARUL ULUMUDDINIYAH DESA RAMBONG KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA, 1952-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indah Lestari - Personal Name
SubjectISLAMIC EDUCATION
DAYAH DARUL ULUMUDDINIYAH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Perkembangan, Dayah Darul Ulumuddiniyah Sesuai dengan judul yang diangkat yaitu “Perkembangan Dayah Darul Ulumuddiniyah Desa Rambong Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya, 1952- 2014” maka tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui latar belakang berdirinya Dayah Darul Ulumuddiniyah desa Rambong kecamatan Setia kabupaten Aceh Barat Daya 1952-2014, (2) Untuk mengetahui perkembangan Dayah Darul Ulumuddiniyah desa Rambong kecamatan Setia kabupaten Aceh Barat Daya dalam bidang pendidikan, dan (3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh Dayah Darul Ulumuddiniyah desa Rambong kecamatan Setia kabupaten Aceh Barat Daya. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian sejarah atau metode sejarah yang terdiri dari lima langkah kerja yaitu pemilihan topik, pengumpulan sumber (heuristik), verifikasi, interpretasi dan historiografi. Untuk menggumpulkan data penulis melakukan dua teknik yaitu penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) yang terdiri dari observasi, analisis dokumen dan wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Dayah Darul Ulumuddiniyah didirikan oleh Alm. Sy. Muhammad Yatim Al Khalidy pada tanggal 21 Januari 1952 diatas tanah wakaf. Pendirian dayah ini dikarenakan adanya keinginan masyarakat agar Alm. Sy. Muhammad Yatim Al Khalidy mengajarkan ilmunya kepada masyarakat desa Rambong dan sekitarnya. (2) Perkembangan Dayah Darul Ulumuddiniyah mulai terlihat pada tahun 1987 pada saat dayah dipimpin oleh Sy.H. Abdulsalam Ghaliby, sarana dan prasarana yang mendukung segala aktivitas dayah sudah lebih lengkap dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena Dayah Darul Ulumuddiniyah mendapat bantuan dari pemerintah setiap tahunnya, dan (3) terdapat beberapa hambatan dalam perkembangan Dayah Darul Ulumuddiniyah seperti dalam kegiatan belajar mengajar yaitu jumlah tenaga guru yang sedikit dan masih memerlukan tenaga yang terampil, masih kurangnya minat para santri untuk belajar,dan fasilitasnya masih memerlukan penambahan, dalam hal pembangunan bangunan baru juga mengalami hambatan yang disebabkan lokasi dayah kurang memadai atau sempit karena berbatasan dengan rumah-rumah masyarakat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAYAH DARUL HUDA GAMPONG KRUENG LINGKA LUENG ANGEN KECAMATAN LANGKAHAN KABUPATEN ACEH UTARA, 1972-2014 (RAIDA, 2016)

PERKEMBANGAN DAYAH DARUL IHSAN LABUHANHAJI, 1940-2014 (ZAIRIL, 2015)

PERKEMBANGAN DAYAH KHAZANATUL HIKAM BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (ABDYA) TAHUN 1986-2014 (Nora Mustika, 2016)

AN ANALYSIS OF STUDENTS’ SATISFACTION TOWARD ENGLISH DAY PROGRAM AT DARUL ULUM ISLAMIC BOARDING SCHOOL, BANDA ACEH (Rahmatullah, 2019)

DAYAH DARUZZAHIDIN DESA LAMCEU KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (ANALISIS PERKEMBANGAN, 1966-2015) (Jasmiadi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy