//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang saras mita - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
THE LEARNING CELL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Model Pembelajaran The Learning Cell, pada mata pelajaran IPS. Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell pada mata pelajaran IPS siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Banda Aceh dan menganalisis perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian adalh seluruh siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh, yang memiliki 5 ruang kelas dengan jumlah murid 150 orang. Untuk sampel dipilih 2 kelas yaitu kelas VIII4 (kelas eksperimen) diajarkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell dan kelas VIII5 (Kelas kontrol) diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dengan soal yang sama untuk kedua kelas tersebut. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diolah dengan data statistik yang sesuai yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikan α : 0,05 dan analisis uji-t. Rata-rata nilai persentase mencapai setiap indikator pada mata pelajaran IPS pada kelas eksperimen sebesar 75 sedangkan kelas kontrol sebesar 68. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 20,96 dan ttabel = 1,67 dengan kriteria pengujian bahwa Ha diterima jika thitung > ttabel, dan Ha ditolak jika thitung ≤ ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell dengan model pembelajaran konvensional. Artinya, model pembelajaran merupakan suatu komponen pembelajaran yang sangat diperlukan untuk menunjang terlaksananya proses pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DI SMA NEGERI 1 KRUENG BAROENA JAYA (EVI FITRIANI, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (ARIFA DIANA, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TIPE LEARNING TOGETHER PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR. (Zia Ludhfi, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Zulikhwan Adiguna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy