//

INVENTARISASI DAN PREVALENSI ENDOPARASIT PADA IKAN GURAMI (OSPRONEMUS GOURAMY) DI KEC. SIMPANG TIGA, KAB. ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JOKO AWALUDDIN BARNIS - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Parasit yang menginfeksi ikan budidaya dapat mengakibatkan menurunnya produksi bahkan dapat menjadi penyebab kematian. Dalam jumlah sedikit, parasit yang menginfeksi masih dapat ditolerir oleh inang, tetapi dapat menyebabkan gangguan metabolisme bahkan kerusakan organ jika terjadi dalam intensitas yang tinggi. Dengan mengetahui jenis dan jumlah organisme parasit yang menyerang ikan gurami penanggulangan dan antisipasi akan lebih mudah. Penelitian invetarisasi dan prevalensi Endoparasit pada ikan gurami (Osphronemus gouramy) di Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar telah dilakukan pada bulan September-Oktober 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi parasit yang terdapat pada ikan gurami. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random sampling) sebanyak 3 kali sampling dengan total jumlah sampel 60 ekor ikan gurami, 30 ekor ikan gurami dari luar Aceh dan 30 ekor ikan gurami hasil budidaya di Gampong Nya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jenis endoparasit yang ditemukan pada kedua sampel sama yaitu dari kelas Nematoda dari filum Nemathelminthes, Ordo: Spirurida, Famili: Camallanidae Genus: Camallanus sp. Prevalensi tertinggi diperoleh pada sampel ikan dari kolam budidaya Gampong Nya dengan nilai prevalensi 43.3 % dengan intensitas 1.5 Ind/ekor, sedangkan sampel ikan dari luar Aceh diperoleh nilai prevalensi 3.3 % dengan intensitas 1 Ind/ekor. Kata kunci: endoparasit, gurami, inventarisasi, prevalensi, Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY) DI KECAMATAN SIMPANG TIGA, KABUPATEN ACEH BESAR (MUNIZAR, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN TAMBAHAN DARI KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN PROTEIN IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY LAC.) (MIRA ASFIYA, 2017)

HISTOLOGIS INTESTINUM IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY LAC.) PADA FASE BENIH DAN DEWASA (RISFI FEBRINA TRI UTAMI EMHA, 2018)

PENGARUH PERBEDAAN PADAT PENEBARAN TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY) (Suci Utari, 2019)

HISTOLOGIS INSANG DAN LABIRIN IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY LAC.) (VINA VERONICA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy