//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAME TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI WAHYUNI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TEAM GAME TOURNSMENT(TGT)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Katakunci : penerapan, team game tournament, hasil belajar, geografi Team games tournament adalah model pembelajaran di mana aktifitas siswa memainkan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh tambahan poin dalam tournament akademik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa dapat terlaksana dengan baik, serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIIPS-1 SMA Negeri 5 Banda Aceh yang terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (pre-test dan post-test) untuk hasil belajar siswa, menggunakanlembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa terhadappenerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase ketuntasan secara individual meningkat, pada siklus I terdapat 14 siswa yang tuntas secara individual, pada siklus II terdapat 18 siswa yang tuntas secara individual dari 20 orang siswa. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 62.5% pada siklus I menjadi 87.5% pada siklus ke II. Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkat dari sedang (2,5) menjadi baik (3,4). Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah 85% dari 20 siswa menjawab dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang dipelajari dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF TEAM GAME TOURNAMENT IN TEACHING READING COMPREHENSION (A DESCRIPTIVE QUALITATIVE STUDY AT SMP NEGERI 3 MUTIARA, PIDIE) (Mirna Damayanti, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAME TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDA ACEH (SRI WAHYUNI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAME TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDA ACEH (JOUL FITRIADI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAMETOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWAPADA MATERI REAKSI REDOKS DI KELAS X MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Rika Mastura, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy