//

KENAKALAN REMAJA(SUATU PENELITIAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYARIFAH WARDHANIA - Personal Name
SubjectJUVENILE DELINQUENCY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas FISIPOL
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masalah kenakalan remaja sangat meresahkan orang tua, masyarakat bahkan Negara. Mengingat apa yang dilakukan oleh remaja saat ini dapat merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah tentang penyebab terjadi kenakalan remaja dan bagaimana penerapan kebijakan sekolah dalam mengurangi kenakalan remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kenakalan remaja dan bagaimana penerapan kebijakan sekolah dalam mengurangi kenakalan remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Meulaboh Kabupaten aceh Barat. Informan penelitian ini terdiri dari 10 orang yakni 6 orang siswa yaitu 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang perempuan, dan 4 informan kunci yaitu kepala sekolah, guru BK, dan 2 orang tua siswa. Remaja yang menjadi informan adalah yang masih duduk di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Meulaboh kelas X dan kelas XI. Informan didapat melalui penentuan karakteristik informan yaitu pernah tinggal kelas, siswa ynag pernah membolos, siswa yang pernah merokok dan siswa yang pernah berkelahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan dalam pengumpulan data diperlukan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang di gunakan adalah Teori Sosialisasi. Hasil penelitian ini yaitu penyebab terjadinya kenakalan remaja adalah di pengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan juga media massa dan cara penerapan kebijakan sekolah dalam mengurangi kenakalan remaja adalah dengan mengoptimalkan mata pelajaran agama dan diterapkan sistem tinggal kelas bagi siswa yang melakukan kenakalan. Saran dari peneliti, dalam membuat kebijakan harus berorientasi kepada pertimbangan-pertimbangan kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa, untuk menciptakan visi dan misi yang sesuai dengan harapan dan tujuan bersama. Kata kunci: Kenakalan, remaja, kebijakan sekolah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUVENILE DELINQUENCY PADA REMAJA DI SMAN 8 BANDA ACEH TAHUN 2012 (anita tiara, 2014)

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KENAKALAN (DELINQUENCY) PADA REMAJA (A. M. Munawwarah, 2015)

INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMINIMALISIR KENAKALAN REMAJA (STUDI PADA REMAJA SABUNG AYAM DI DESA LUNG IE KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (RAUDHATUL HUSNA, 2018)

HUBUNGAN KEKERASAN VERBAL ORANG TUA DENGAN KENAKALAN PADA REMAJA AWAL DI BANDA ACEH (Izzatul Ummi, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN KENAKALAN REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Zuhairah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy